sign up SIGN UP search


parenting

Tips Mencukupi Gizi Anak untuk Tingkatkan Imunitas di Tengah Pandemi Corona

Siti Hafadzoh Sabtu, 11 Jul 2020 14:12 WIB
Beautiful little girl having breakfast with cereal, milk and blueberry in kitchen caption
Jakarta -

Di tengah pandemi Corona, kita membutuhkan imunitas yang tinggi supaya tidak tertular Covid-19. Hal yang sama juga berlaku pada anak-anak, mereka membutuhkan makanan yang kaya akan gizi.

Anak-anak membutuhkan gizi yang cukup dalam 1000 hari pertama kehidupan. Seribu hari pertama ini dimulai sejak dalam kandungan hingga usia 2 tahun, Bunda.

"Konsumsi pangan untuk anak-anak di masa pandemi harus beragam, bernutrisi, dan seimbang untuk meningkatkan imunitas anak," kata Dr. Ainia Herminiati, ST., M.Si., Peneliti Madya Bidang Kepakaran Pangan dan Gizi, Pusat Penelitian Teknologi Tepat Guna (P2TTG), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dalam Webinar Kolaborasi Penelitian & Teknologi untuk Mendukung Gizi Anak di Masa Pandemi pada Kamis (9/7/2020).


Ainia menjelaskan, kalau anak-anak kekurangan gizi di masa pandemi, nantinya akan menghasilkan generasi mendatang dengan kondisi yang serupa. Makanya, kita harus memutus mata rantai kekurangan gizi sekarang juga.

"Apabila kekurangan ini berlanjut, siklusnya akan tetap begitu. kita harus memotong rantai ini. Supaya Indonesia punya investasi generasi yang sehat dan kuat di masa mendatang," jelasnya.

anak makanIlustrasi anak konsumsi makanan bergizi/ Foto: shutterstock

Sebagai orang tua, Bunda harus memenuhi kebutuhan gizi anak-anak. Mulai dari makro hingga mikronutrien.

Nutrisi yang sangat penting untuk anak di tengah pandemi Corona adalah inulin. Zat gizi yang satu ini bisa ditemukan pada buah pisang.

"Inulin sebagai probiotik untuk meningkatkan saluran cerna anak. Ketika saluran cerna baik, imunitas anak juga akan baik," ujar Ainia.

Nah, salah satu cara untuk mencukupi gizi anak adalah dengan memberikannya makanan yang sudah terfortifikasi. Artinya, makanan tersebut sudah ditambah nutrisi yang dibutuhkan anak.

Jadi, selalu perhatikan kebutuhan gizi anak agar imunitasnya tetap bagus di tengah pandemi Corona ini.

Bunda, perhatikan cara melihat nutrisi di bungkus camilan berikut ini yuk.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi