sign up SIGN UP search


parenting

4 Tanda Pasti Anak Bunda Siap Melakukan Potty Training

Asri Ediyati Sabtu, 25 Jul 2020 18:59 WIB
cute six months old baby boy siting on the blue potty early development concept caption
Jakarta -

Setiap anak memiliki milestones atau perkembangan yang berbeda. Bunda tak bisa samakan anak sendiri dengan anak tetangga atau saudara. Nah, untuk itu Bunda harus memahami anak sendiri, salah satunya dalam urusan potty training.

Bunda bisa melatih anak potty training dengan sukses apabila mereka sudah siap. Nah, apa sih tanda-tanda mereka siap untuk melakukan potty training?

1. Bunda mengganti popok basah lebih sedikit dari sebelumnya

Sampai usia sekitar 20 bulan, anak-anak sering buang air kecil sehingga mengharapkan mereka untuk mengendalikan kandung kemih mereka mungkin tidak realistis. Akan tetapi jika anak Bunda, sudah balita dan tidak pipis selama satu atau dua jam dan kadang-kadang bangun tanpa mengompol, maka secara fisik siap untuk potty training.


2. Gerakan usus anak dapat diprediksi

Apakah dia memiliki gerakan usus di pagi hari, setelah makan atau tepat sebelum tidur. Nah, ritme yang teratur akan membantu Bunda mengantisipasi kapan harus mengeluarkan pispot. Dengan demikian meningkatkan kemungkinan keberhasilannya.

dr.Meta Hanindita, Sp.A, dari RSUD Dr Soetomo, Surabaya juga mengatakan bahwa menurut teori sebaiknya toilet training dilakukan saat anak sudah mulai bisa mengendalikan otot pencernaan dan juga bladder alias kandung kemih.

cute six months old baby boy siting on the blue potty early development conceptilustrasi anak melakukan potty training/ Foto: Getty Images/iStockphoto/NegMarDesign

3. Anak sadar fungsi tubuhnya

Beberapa anak dengan senang hati mengumumkan kapan mereka buang air besar. Yang lain berkomunikasi melalui cara-cara yang kurang verbal, katakanlah, dengan mundur ke sudut sambil mengejan. Tidak peduli apa pun sinyalnya, jika anak menunjukkan bahwa ia sadar akan fungsi tubuhnya, ia siap untuk latihan pispot.

4. Anak membenci popok kotor

Anak yang sudah siap melatih potty training bisa dilihat dari tanda yang satu ini, Bunda. Akan ada periode di saat anak membenci popok mereka yang kotor. Nah, ini adalah kesempatan emas untuk potty training anak, Bunda.

Simak juga cara Nirina Zubir mengajarkan anak bangun pagi dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi