sign up SIGN UP search


parenting

12 Makanan dan Minuman Buat Anak yang Sakit Radang Tenggorokan

Melly Febrida Jumat, 24 Jul 2020 12:51 WIB
Ilustrasi makan pisang caption
Jakarta -

Saat anak radang tenggorokan, tak jarang jadi susah banget makan ya, Bunda. Kalau Bunda menyodorkan apapun bisa ditolak karena susah menelan dan kesakitan.

Padahal, tubuh anak membutuhkan nutrisi agar cepat sembuh. Dalam buku Ibuku, Dokterku oleh dr.Gustin Oktaviayu Cendhikalistya, dijelaskan radang tenggorokan itu tandanya kemerahan, bengkak, dan nyeri pada tenggorokan akibat rangsang agen infeksius ataupun non infeksius.

"Agen infeksius umumnya adalah virus dan bakteri. Sementara, agen non infeksius seperti inhalasi debu, asap, minyak, dan alergen pada individu atopi (alergi)," tulis Gustin.


Sementara Debra Rose Wilson, Ph.D., MSN, R.N., IBCLC, AHN-BC, CHT, ahli medis dari Medical News Today mengatakan saat radang tenggorokan anak memang membutuhkan makanan dan minuman bergizi baik, juga lunak dan dingin.  

"Orang-orang harus berhati-hati agar minuman tidak terlalu panas, karena tenggorokan yang sudah meradang lebih rentan terhadap cedera," kata Wilson.

Berikut ini makanan dan minuman yang sebaiknya diberikan saat si kecil radang tenggorokan:

1. Makanan beku

Kata Wilson, es loli dengan bahan dasar buah bisa jadi pilihan. Bahkan kepingan es biasa bisa membantu menenangkan tenggorokan yang terasa meradang.

2. Jus delima

Penelitian telah menunjukkan nutrisi dalam jus delima dapat menangkal infeksi dan mengurangi peradangan.  

3. Pisang

Wilson mengatakan, pisang yang buahnya lembut dan menyehatkan akan terasa lembut saat di tenggorokan.

4. Sup ayam

Kehebatan sup ayam sudah banyak diakui ya, Bunda. Di masa lalu, kata Wilson, penelitian menyarankan bahwa sayuran dan ayam di dalam sup kemungkinan memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu membersihkan saluran udara, yang dapat mengurangi gejala sakit tenggorokan.

5. Kunyit

Orang menggunakan kunyit sebagai teh atau dalam campuran herbal berbasis susu. Wilson bilang, bisa jadi kunyit juga memiliki sifat penyembuhan, antiseptik, dan anti-inflamasi.

6. Madu

Madu merupakan pemanis alami yang dapat membantu melawan infeksi dan membantu menyembuhkan luka. Namun Wilson mengingatkan, anak-anak di bawah usia 12 bulan belum boleh minum madu karena risiko botulisme.

Teh jahe bawang putihIlustrasi/ Foto: iStock

 7. Jahe

Rempah ini tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk teh dan bubuk. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan dan rasa sakit saat radang tenggorokan.

8. Teh

Sebuah penelitian menemukan dengan berkumur larutan teh hijau meredakan sakit tenggorokan setelah operasi. Tercatat bahwa teh hijau adalah zat yang tidak berbahaya dan alami dengan sifat anti-inflamasi. Manfaat teh herbal juga mungkin sudah banyak dirasakan, meskipun bukti ilmiah penggunaannya masih kurang.

9. Smoothie dan yoghurt

Wilson mengatakan, makanan yang lembut bisa diminum melalui sedotan. Cara ini membantu nutrisi tetap masuk ke tubuh sehingga bisa cepat sembuh.

10. Sayuran yang dimasak matang

Wortel, kol, kentang, dan sayuran lain memberikan nutrisi penting bagi seseorang yang sakit tenggorokan. Wilson menyarankan memasak sayuran ini sampai lunak dan tumbuk dengan susu rendah lemak serta kunyit.

11. Orak-arik telur

Sebagian besar anak-anak sepertinya doyan telur ya, Bunda. Makanan ini menjadi sumber protein yang baik, yang dibutuhkan tubuh dalam perbaikan jaringan.

12. Jelly

Makanan jenis ini mudah ditelan dan mengandung gelatin, yang merupakan sumber protein yang baik. Makanan ini bisa menjadi energi yang berguna jika anak tidak mengkonsumsi kalori yang mereka butuhkan. Tapi, bagi penderita diabetes harus memperhitungkan gula dalam makanan sehari-harinya.

Simak juga video perjuangan Winda Idol meng-ASI-hi berikut ya, Bunda:

[Gambas:Video Haibunda]



(kuy/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi