sign up SIGN UP search


parenting

Makanan Basi Bisa Picu Radang Tenggorokan pada Anak?

Melly Febrida Jumat, 24 Jul 2020 16:14 WIB
Anak sakit caption
Jakarta -

Gorengan atau makanan pedas sering dihubungkan dengan batuk. Kebanyakan makan gorengan bisa memicu batuk. Lantas bagaimana dengan radang tenggorokan, apakah makanan tersebut juga bisa memicunya?

Dr. Peter Lund, pendiri Institute for Good Medicine di Pennsylvania Medical Society, pernah menuliskan radang tenggorokan sebenarnya merupakan infeksi tenggorokan yang disebabkan bakteri yang disebut Streptococcus tipe A. Penyakit ini paling sering terjadi pada anak-anak usia 5 hingga 15 tahun, tetapi semua usia bisa mengalaminya.

"Radang tenggorokan ini paling sering muncul selama akhir musim gugur, musim dingin, dan awal musim semi," ujar Lund dilansir Pocono Record.


Bagaimana dengan makanan? Maryland Department of Health Infectious Disease Epidemiology and Outbreak Response Bureau menuliskan orang jarang terkena radang tenggorokan karena makan makanan, susu, produk olahan susu, atau telur yang sudah terkontaminasi.

Orang tertular radang tenggorokan ketika orang sehat kontak dengan seseorang yang sakit. Bakteri tersebut mengenai orang ketika anak dengan radang tenggorokan bersin, batuk, atau meniup hidungnya dan anak lain dekat dengannya. Atau bisa juga dengan berbagi peralatan makan seperti garpu, sendok, atau sedotan yang sama.

Seseorang yang terkena radang tenggorokan bisa menularkan bakteri Streptococcus tipe A ke orang lain sampai 24 jam setelah pengobatan antibiotik, atau selama 10 hingga 21 hari jika tidak diobati.

Cute little girl is sad lying in a white cozy bed , the concept of children's rest and sleepIlustrasi anak radang tenggorokan. (Foto: Getty Images/iStockphoto/puhimec)

Nah, kalau ada anggota keluarga atau temannya si Kecil menderita radang tenggorokan, maka anak akan mulai merasa sakit dalam waktu 5 hari setelah berada di sekitar orang yang menularkan.

Oleh karena itu, apabila anak terinfeksi, sebaiknya tak dititipkan ke penitipan anak atau bermain dengan teman-temannya dahulu, Bunda. Bahkan seorang pekerja dengan radang tenggorokan sebaiknya izin dari pekerjaan sampai 24 jam setelah memulai perawatan antibiotik.

Mengenai makanan dan radang tenggorokan, dr Airin Que pernah menuliskan pola makan tak sehat bisa jadi penyebab radang tenggorokan pada anak lho. Asupan makanan yang rendah nutrisi serta gizi bisa bikin daya tahan tubuh anak menurun hingga dia lebih rentan terinfeksi penyakit salah satunya radang tenggorokan.

Untuk itu, cobalah ubah kebiasaan makan anak dengan memperbanyak asupan makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan protein.

Simak juga risiko kesehatan beri makan anak di ruang terbuka dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi