sign up SIGN UP search


parenting

3 Cara Mengolah Akar Terong untuk Obat Tradisional Radang Tenggorokan

Melly Febrida Jumat, 24 Jul 2020 08:05 WIB
Terong Balado ala Gordon Ramsay caption
Jakarta -

Terong yang biasanya enak dibalado, memiliki khasiat untuk kesehatan. Salah satunya buat mengobati radang tenggorokan.

"Untuk pengobatan, bagian yang kerap dipakai yaitu buah, akar, dan daun," kata Prof. H. M. Hembing Wijayakusuma dalam bukunya Seri Pengobatan Tradisional: Penyembuhan dengan Terung.

Menurut Prof Hembing, terong memiliki khasiat bisa menghilangkan rasa sakit (analgesik), peluruh kencing (diuretik), dan meningkatkan inteligensi.


Untuk kandungan kimia di terong antara lain 5-hidroksi-triptamina, asam amino, alanina, arginina, asam askorbat, beta karoten, asam klorogenat, asam folat, glikoalkaloid, glikosidasteroid, solanina, solanidina, solasodina, tannin, tiamin, protein, karbohidrat, vitamin A, B1, B2, B3, dan C.

Seperti kita ketahui, radang tenggorokan umumnya ditandai dengan rasa kering dan nyeri pada tenggorokan, batuk, sulit menelan, nyeri saat berbicara, suara menjadi parau, dan demam. Prof Hembing pun berbagi resep tradisional untuk mengobati radang tenggorokan dengan terong.

1. 60 gr akar terong segar atau 15-30 gr yang kering, air, dan gula secukupnya direbus hingga menjadi kental. Ambil airnya sebanyak 50 ml lalu diminum.

2. 60 gr akar terong segar atau 15-30 gr yang kering, 80 gr daun lidah buaya (dikupas kulitnya), 10 lembar daun sambung nyawa direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, airnya diminum dalam keadaan hangat.
 
3. 30 gr akar terong kering, 15 gr sambiloto kering, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, tambahkan madu secukupnya, diaduk rata, diminum.

radang tenggorokanIlustrasi/ Foto: iStock

Debra Rose Wilson, Ph.D., MSN, R.N., IBCLC, AHN-BC, CHT, ahli medis dari Medical News Today mengatakan hingga kini bukti ilmiah yang mendukung cara pengobatan herbal atau alternatif untuk radang tenggorokan memang masih sedikit. Namun, makanan bergizi ini tetap bisa Bunda coba buat mengobati radang tenggorokan.

"Makanan dan minuman terbaik ketika sakit tenggorokan yang bergizi atau lunak dan dingin, atau kadang-kadang keduanya. Orang-orang harus berhati-hati agar minuman tidak terlalu panas, karena tenggorokan yang sudah meradang lebih rentan terhadap cedera," kata Wilson dikutip Medical News Today.

Simak juga video resep lasagna terong:

[Gambas:Video Haibunda]



(kuy/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi