sign up SIGN UP search


parenting

5 Lagu Anak Berbahasa Inggris Populer, Musik dan Liriknya Bikin Semangat

Annisa Karnesyia Kamis, 30 Jul 2020 09:23 WIB
Ilustrasi anak mendengarkan musik caption
Jakarta -

Mengajarkan bahasa Inggris atau mengenalkan permainan ke anak bisa melalui lagu lho, Bunda. Banyak lagu berbahasa Inggris yang menghibur dan mudah diingat.

Tak sedikit lagu-lagu anak berbahasa Inggris sudah menjadi favorit banyak orang sejak dulu. Beberapa mengenalnya di sekolah, sementara yang lain langsung diajarkan oleh orang tuanya.

Merangkum berbagai sumber, berikut 5 lagu anak berbahasa Inggris yang populer:


1. The Wheels on The Bus

The Wheels on The Bus adalah lagu anak klasik dari Amerika. Lagu ini ditulis oleh Verna Hills dan sudah ada sejak tahun 1939.

Lagu The Wheels on The Bus paling sering dinyanyikan anak-anak saat bepergian atau karya wisata dengan bus. Musiknya begitu enak didengar dengan lirik Bahasa Inggris yang sederhana dan mudah diingat anak.

2. Twinkle, Twinkle, Little Star

Bunda pasti tahu lagu Twinkle, Twinkle, Little Star, ya? Lagu anak ini juga sudah ada sejak zaman dulu lho.

Twinkle, Twinkle, Little Star diciptakan oleh penulis asal Inggris bernama Jane Taylor pada tahun 80-an. Lagu ini paling cocok dinyanyikan bersama anak sebelum tidur karena bercerita tentang 'bintang'.

Lirik utamanya begitu mudah diingat ya. 'Twinkle, twinkle, little star. How I wonder what you are.'

3. Finger Family

Nah, kalau ingin mengajarkan anak bahasa Inggris dari musik, Bunda bisa ajak di kecil bernyanyi lagu Finger Family. Lagu ini bisa membuat anak belajar mengenal Ayah, Ibu, dan kakak-kakaknya melalui jari tangan.

Nada di lagu Finger Family juga cocok untuk menghibur bayi yang masih kecil. Hingga kini, lagu anak populer ini masih belum diketahui penciptanya. Namun, di tahun 2007, video musik Finger Family pertama kali muncul di YouTube.

ilustrasi anak menyanyiIlustrasi anak menyanyi/ Foto: Thinkstock

4. Five Little Monkeys Jumping on The Bed

Belum diketahui siapa pencipta lagu Five Little Monkeys Jumping on The Bed ini, Bunda. Namun, ada sebuah buku anak dengan judul sama pernah ditulis oleh Elleen Christelow.

Christelow pertama kali mendengar musik dan lagu ini dari anaknya yang belajar di preschool. Ia lalu berpikir jika lagu anaknya bagus untuk dibuat ilustrasi buku.

Lagu Five Little Monkeys Jumping on The Bed memiliki lirik pengulangan yang sama dan mudah diingat. Si kecil juga bisa belajar berhitung dari lagu ini.

5. Old Macdonald Had a Farm

Lagu Old Macdonald Had a Farm mempunyai ciri khas lirik yang unik yaitu, 'E-I-E-I-O' di akhir kalimat. Musik di lagu ini juga enak didengar dan bikin anak bersemangat.

Old Macdonald Had a Farm termasuk lagu klasik yang sudah ada sejak tahun 1917. Melalui lagu ini, anak bisa belajar mengenal binatang di sekitarnya.

Lagu-lagu anak berbahasa Inggris tersebut bisa dikenalkan pada si kecil sedini mungkin ya, Bunda. Selain untuk menghibur, anak bisa belajar bernyanyi dan mengenal lingkungan sekitarnya.

Nah, kini juga mulai banyak lagu anak baru yang diciptakan dan tak kalah bagus. Salah satunya lagu dari The Sasonos Family yang berjudul Jajan.

Di lagu Jajan ini, kakak beradik Dru, Widuri, dan Den Bagus akan mengenalkan kita semua tentang jajanan favorit mereka. Ketiganya berharap, lagu Jajan ini bisa memotivasi dan menghibur anak-anak Indonesia di masa pandemi Corona.

Lirik lagu Jajan ini diciptakan langsung oleh ibu Dru, Widuri, dan Den Bagus, yang tidak lain adalah penyanyi Widi Mulia. Widi tak sendiri, dia juga dibantu Natasha Achjuman dalam membuat lagu Jajan.

"Melalui lagu ini kami ingin kasih lihat, semua bisa berangkat dari kesukaan kita, menjadikannya motivasi biar berkreasi dan menghibur diri," kata Widi, saat jumpa pers Pesta Rilis Lagu Jajan bersama HaiBunda, Selasa (28/7/2020).

Nah, bagaimana penampilan perdana mereka menyanyikan langsung lagu Jajan? Nonton yuk, tayangan live streaming keseruan Dru, Widuri, dan Den Bagus manggung lagi, pada Kamis (30/7/2020) pukul 13.30 WIB, eksklusif di HaiBunda.com lho!

Simak juga manfaat anak belajar balet, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi