sign up SIGN UP search


parenting

5 Kegiatan Seru Asah Kreativitas & Imajinasi Anak Saat di Rumah Aja

Asri Ediyati   |   Haibunda Rabu, 05 Aug 2020 12:35 WIB
A young mother and her cute little daughter painting with colorful paints and having fun at home. caption
Jakarta -

Enggak terasa sudah hampir 5 bulan kita di rumah saja ya, Bunda. Tentu menjadi tantangan tersendiri ketika semuanya dilakukan dari rumah. Salah satu tantangannya adalah menjadi orang tua kreatif.

Kenapa sih orang tua perlu kreatif di era pandemi ini? Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., Psikolog Anak dan Keluarga mengatakan, proses bertumbuh dan berkembang bagi si kecil, termasuk juga proses belajar, sangat tergantung pada kehangatan interaksi si kecil bersama orang tuanya.

Psikolog yang biasa disapa Nina itu menyarankan, agar Bunda kreatif selama mendampingi anak-anak belajar di rumah. Salah satunya dengan mengombinasikan belajar dengan bermain. Kegiatan yang dilakukan ini bukan sekadar kegiatan spontan, namun direncanakan dengan target belajar tertentu.


Misalnya, target ingin meningkatkan 5 potensi prestasi si kecil, yaitu berpikir kreatif, bantu tumbuh kembang, supel, mandiri dan percaya diri.

"Supaya tercapai tujuannya, Bunda bisa memilih kegiatan yang sesuai pilihan si kecil sehingga menyenangkan, menyesuaikan waktu berkegiatan dengan rutinitas si kecil untuk membuat jadwal, juga konsisten mengulangi kegiatan sampai target belajar tercapai, dan tentunya tetap melakukan lebih banyak gerakan. Jadi, walaupun direncanakan namun tetap dilakukan dengan asyik dan seru sehingga tetap menyenangkan," ucap Nina.

Nah, agar anak tetap berkegiatan dan bisa mengasah kreativitasnya, berikut lima kegiatan indoor seru bersama anak di rumah, dilansir Forbes:

1. DIY Tie-dye

DIY Tie-dye adalah tren besar tahun ini dan menyenangkan untuk segala usia. Jika Bunda ingin membuatnya sederhana, pesan kit secara online. Ada begitu banyak pilihan desain dan warna. Tie dye menawarkan peluang besar bagi anak-anak untuk mengekspresikan kreativitas mereka.

2. Eksperimen sains

Gunung berapi, kristal, dan eksperimen sains lainnya menawarkan anak-anak peluang luar biasa. Ya, mereka mempelajari hal-hal keren tetapi merasa seperti mereka hanya bersenang-senang. Lebih baik lagi, jika alat dan bahan sudah tersedia di rumah, Bunda.

Hand Holding Homemade Toy Called Slime, Kids having fun and being creative by science experiment.Eksperimen sains, membuat slime/ Foto: iStock

3. Teater

Hal hebat tentang memperkenalkan teater kepada anak-anak adalah ada begitu banyak pilihan cerita untuk anak-anak. Jika anak suka musik, mereka dapat mengembangkan lagu.

Atau bisa juga Bunda mungkin memberi challenge pada mereka untuk menonton musikal yang terkenal, lalu menulis ending alternatif. Ini adalah pilihan yang bagus jika Bunda memerlukan aktivitas selama setengah hari atau sehari penuh.

4. Proyek seni

YouTube dipenuhi dengan proyek seni ramah anak. Anak-anak dapat menonton video dengan banyak proyek seni lalu memilih satu yang paling sesuai dengan minat mereka. Untuk mempersiapkan proyek seni, Bunda bisa sediakan media sendiri untuk mengasah kreativitas mereka.

5. Kompetisi pekerjaan rumah tangga

Anak-anak suka kompetisi, ini bisa pilihan jika Bunda belum bisa menyediakan peralatan eksperimen sains atau seni. Masukkan tugas-tugas rumah tangga untuk dijadikan kompetisi. Reward keren untuk pemenang mungkin cukup untuk membuat mereka tetap termotivasi.

Selamat mencoba ya!

Simak juga video kaleng bekas disulap menjadi celengan cantik:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!