sign up SIGN UP search


parenting

Dukung Si Kecil Kumpulkan Trofi, Intip Caranya di Sini Bun

Muhayati Faridatun Kamis, 07 Jan 2021 16:30 WIB
Lomba menggambar dan mewarnai bersama HaiBunda caption
Jakarta -

Setiap anak memiliki kreativitas masing-masing, Bunda. Kalau ingin mengujinya, yuk dukung Si Kecil mengumpulkan trofi lewat kompetisi menggambar dan mewarnai.

Selama masih di rumah saja karena pandemi Corona, Bunda tentu harus putar otak menciptakan suasana menyenangkan untuk anak. Apalagi, dunia anak usia pra sekolah hanya bermain. Jangan sampai mereka bosan selama aktivitas terbatas di dalam rumah.

Nah, menggambar dan mewarnai adalah salah satu aktivitas menyenangkan bagi anak. Psikolog Thalia R. Goldstein, Ph.D., dan Dr.Jeremy Sawyer mengatakan, gambar adalah jendela anak-anak menuju kreativitas luar biasa dan kepekaan artistik yang berkembang.


"Menggambar juga bisa meningkatkan kesadaran spasial anak-anak. Bahkan, bisa membantu anak-anak mengatur emosi selama masa stres," tulis kedua psikolog, dikutip dari Psychology Today.

Kalau Bunda ingin menguji kreativitas anak, bisa mengajaknya berkompetisi. Biasanya, perlombaan akan ada pemenang, lalu mendapat hadiah dan trofi. Mungkin sebagian anak merasa kecewa kalau tidak menang. Inilah PR kita sebagai orang tua, Bunda.

Bunda dan Ayah sebaiknya memberi pengertian juga pada Si Kecil tentang juara dan trofi. Seperti dijelaskan psikolog Jonathan Fader, Ph.D., tidak seharusnya anak-anak diberikan piala jika hanya untuk menampilkan dirinya.

"Sains menyarankan, kita perlu memuji anak-anak kita dalam prosesnya, bukan hasil. Misalnya, alih-alih menghadapi kekalahan dengan memberi tahu anak-anak kita bahwa 'setiap orang adalah pemenang di hati'," ujarnya.

Fader berpesan, orang tua harus memuji usaha anak, semangat mereka menyelesaikan sesuatu, apa yang mereka lakukan dengan benar, dan bagaimana mereka menunjukkan peningkatan. Ia yakin, anak-anak yang dipuji atas usahanya daripada kemampuannya cenderung berusaha lebih giat.

"Anak-anak lebih menikmati aktivitas, dan menghadapi kegagalan dengan cara lebih tangguh," katanya.

Jadi, dengan Bunda memberi apresiasi seperti disarankan psikolog, anak akan lebih mudah menerima hasil kompetisi. Kalau ingin menguji kreativitas Si Kecil, yuk ikutan lomba menggambar dan mewarnai bersama HaiBunda.

Lihat syarat dan ketentuan dengan klik BACA HALAMAN BERIKUTNYA.

Simak juga yuk cara unik Donna Agnesia supaya anak tak bosan di rumah saja, dalam video Intimate Interview di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner hijabers TurkiFoto: Mia Kurnia Sari
(muf/muf)
Lomba menggambar dan mewarnai bersama HaiBunda
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi