sign up SIGN UP search


parenting

Sulit Bagi Waktu antara Pekerjaan & Merawat Anak? Ini Solusi dari Dokter

Salam Rahmad Rabu, 09 Sep 2020 18:08 WIB
Happy family with kid playing together, caring mom and dad smiling teaching little daughter to draw with color pencils, mother and father having fun with cute child help in creative weekend activity caption
Jakarta -

Pandemi Covid-19 membawa sejumlah perubahan aktivitas Bunda dan Ayah. Bagi para orang tua, kondisi ini memang jadi sebuah tantangan tersendiri karena harus mengurusi beban pekerjaan kantor sekaligus membimbing kegiatan anak selama di rumah.

Lantas, bagaimana cara tepat untuk membagi waktu antara pekerjaan dan merawat anak?

Menurut dokter spesialis anak dari RSCM, Dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A, orang tua harus mampu membagi waktu selama pandemi Covid-19. Salah satunya Ayah dan Bunda harus menerapkan cara bergantian merawat anak. Komunikasikan dengan suami, mengenai ritme kerja pagar anak tak luput dari pengawasan.


Mesty sendiri selama ini melihat masih banyak orang tua yang belum memahami perannya dalam merawat anak. Stigma yang kadung melekat di masyarakat menyebut bahwa merawat anak adalah tugas Bunda. Padahal, merawat anak adalah tanggung jawab bersama Bunda dan Ayah.

"Tanyakan kepada anak 'hari ini mau main apa?, dengan begitu, mereka mempunyai kebebasan untuk memilih permainan yang disukainya, hal ini dapat membangun rasa kepercayaan diri mereka," kata Mesty dalam Talkshow Online: Menjaga Anak Tetap Sehat dan Senang Selama di Rumah beberapa waktu lalu.

Ada beragam cara unik yang sederhana untuk mengasah kemampuan anak walaupun tetap di rumah. Misalnya, mengajarkan anak mengupas telur dan mengupas pisang yang dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak, Bunda.

Selain itu, ada manfaat lainnya yang dapat Bunda dan Ayah peroleh dengan menemani anak bermain bersama di rumah. Di antaranya dapat mengajarkan anak berlatih bekerja sama, memperkaya wawasan pengetahuan dengan teknik problem solving (penyelesaian masalah), mengasah kemampuan berkomunikasi dengan baik, dan mengajarkan rasa syukur.

Namun perlu diingat, jangan membiarkan anak selama seharian penuh beraktivitas ya, Bunda. Hal itu akan membuat imunitas anak menurun yang menyebabkan kesehatannya dapat terganggu.

"Seringkali aktivitas keseharian anak enggak diduga, sedangkan anak-anak membutuhkan suatu rutinitas yang relatable (berhubungan) karena mereka butuh mempersiapkan diri untuk melakukan aktivitas," ucap Mesty.

Meskipun menemani dan ikut bermain bersama anak itu penting, tapi menjaga imunitas tubuh juga sama pentingnya, Bunda. Perencanaan yang matang untuk menyusun jadwal teratur seperti tidur, makan, sekolah, dan bermain patut diaplikasikan dalam menjalani kegiatan selama di rumah.

Jadi, bagi Bunda yang belum menerapkan pembagian waktu tepat untuk bekerja dan merawat anak selama bekerja dari rumah, Bunda dan Ayah bisa lho aplikasikan solusi di atas untuk mewujudkan keluarga yang sehat fisik dan mental di tengah pandemi Covid-19 yang dikemas dengan cara fleksibel.

Bunda, simak juga yuk cerita Angie 'Virgin' tinggalkan karier keatisan di Jakarta demi suami di London. Klik video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi