sign up SIGN UP search

parenting

Hati-hati Bun, Ini 5 Pola Asuh yang Tanpa Disadari Bisa Sebabkan Anak Trauma

Nanie Wardhani   |   Haibunda Jumat, 17 Dec 2021 21:06 WIB
Ilustrasi ibu dan anak caption

Jakarta - Pola asuh atau parenting adalah aspek yang sangat penting dan sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak lho Bunda. Untuk itu, Bunda sudah seharusnya belajar pola asuh yang baik untuk anak. Namun, tidak jarang banyak orang yang belum memahami dengan baik pola asuh yang tepat untuk Si Kecil itu seperti apa.

Secara tidak sadar, mungkin Bunda sering melakukan berbagai kesalahan dalam pola asuh. Hal ini secara tidak langsung akan mempengaruhi mental anak, seperti trauma, baik dalam jangka waktu yang pendek, maupun jangka panjang.

Menurut Mom Junction, berikut inilah 5 tanda pola asuh kurang baik yang mungkin tidak Bunda sadari telah dilakukan kepada Si Kecil.


1. Selalu membandingkan anak

Rasa iri atas pencapaian anak lain, mungkin pernah Bunda rasakan. Tapi hal ini sebaiknya  tidak lantas menjadikan Bunda membandingkan Si Kecil terus-menerus terlebih secara verbal, ya Bunda. Jika hal ini terjadi dan terus dilakukan, bukan tidak mungkin ia akan terus merasa pesimistis.

2. Bernada kritik

Maksud Bunda mungkin baik yaitu ingin memberi saran agar anak lebih baik di masa depan. Tapi hanya karena nada Bunda yang seperti mengkritik, terlebih sampai kebablasan, itu adalah tanda pola asuh yang tidak baik.

3. Tidak bangga dengan prestasinya

Coba Bunda ingat kembali, mungkin Bunda cuek ketika ia bersemangat menceritakan hasil ujiannya? Atau ia berhasil memenangkan suatu perlombaan? Tidak ada salahnya Bunda mencoba memberinya kata selamat dan bersemangat saat ia bercerita.

Banner Kampung Miliuner CilacapBanner Kampung Miliuner Cilacap/ Foto: Mia Kurnia Sari

4. Memarahi, memukul, atau menghukum anak di depan orang

Tanda ini mungkin agak keterlaluan, tetapi mungkin Bunda pernah melihat orang lain melakukannya. Hal ini sudah sangat jelas termasuk ke dalam tipe pola asuh yang sangat buruk, yang dapat membuat anak trauma di masa depan.

5. Terlalu banyak dorongan

Mungkin yang Bunda lakukan selama ini hanya memberi dorongan. Seperti menyuruhnya untuk belajar lebih giat, atau bangun lebih pagi. Walaupun maksud Bunda baik, namun sebaiknya Bunda lebih banyak menasihatinya secara tegas dan jelas.

Itulah berbagi tanda pola asuh anak yang buruk, yang mungkin tidak Bunda sadari. Lalu apa saja dampak pola asuh tersebut terhadap perkembangan anak? Simak di halaman selanjutnya ya.

Simak juga video tentang 7 tips parenting untuk anak generasi alpha di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



BISA BIKIN TRAUMA! INI 3 DAMPAK POLA ASUH BURUK UNTUK ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!