sign up SIGN UP search


parenting

7 Cara Menyiasati Anak 1 Tahun Susah Makan

Asri Ediyati Minggu, 13 Sep 2020 08:02 WIB
Mother feeding the cry baby son with a spoon caption
Jakarta -

Setelah enam bulan mengenal makanan solid alias padat, anak usia 1 tahun biasanya sudah mulai pilih-pilih makanan yang ia sukai. Selain menjadi pemilih makanan atau picky eater, biasanya mereka juga tidak selera makan dan cenderung menolak makanan.

Bunda khawatir karena hal ini? Menurut Mary L. Gavin, MD., membiarkan anak tak makan memang sulit bagi banyak orang tua. Akan tetapi anak-anak harus diizinkan untuk menanggapi isyarat internal mereka sendiri untuk rasa lapar dan kenyang.

"Jangan memaksakan makanan pada anak yang tidak lapar," kata Gavin, dikutip dari Kids Health.


Ya, dengan menolak makan, anak Bunda juga sebenarnya sedang melatih kemandiriannya. Nah, bagaimana nih menyiasati anak 1 tahun susah makan? Simak ulasannya di bawah ini:

1. Bujuk, tapi jangan paksa anak

Bunda sah-sah saja untuk mendorong atau membujuknya, tetapi jangan memaksa anak untuk makan pada waktu tertentu. Nutrisi anak tetap akan seimbang kok, apabila Bunda menyediakan makanan yang sehat.

2. Puji anak jika mau makan

Mengutip laman Raising Children, memaksa anak 1 tahun untuk menghabiskan semua yang ada di piring bisa membuat waktu makan menjadi hal yang ia takuti atau membuatnya stres. Sebaliknya, pujilah anak usai ia mencoba sesendok penuh atau menyesap air, jika itu yang mereka inginkan.

3. Coba dalam porsi sedikit

Jika anak 1 tahun tidak mau makan, Bunda dapat mencoba mengurangi jumlah yang biasa disajikan. Biasanya balita hanya membutuhkan porsi kecil pada waktu makan.

Little baby girl sitting in baby chair eating fruit apple and bananas7 Cara Menyiasati Anak 1 Tahun Susah Makan/ Foto: iStock

4. Beri camilan sehat

Di antara waktu makan, Bunda dapat menawarkan anak camilan sehat seperti stik buah atau sayur. Ini akan membuat anak mau makan walau hanya dalam jumlah kecil.

5. Menciptakan lingkungan makan yang positif

Jadikan waktu makan sebagai acara keluarga yang menyenangkan dan teratur. Duduklah untuk makan bersama anak kapan pun Bunda bisa. Tunjukkan kepada anak betapa Bunda menikmati makan makanan yang telah disiapkan.

6. Dongengkan anak tentang makanan

Anak 1 tahun mungkin terlalu dini untuk dilibatkan di dapur. Sebagai gantinya, Bunda bisa mendongengkan tentang cerita berbagai makanan.

7. Batasi waktu makan

Tetapkan batas waktu sekitar 20 menit untuk makan. Jika anak belum memakan makanan tersebut, ambil dan jangan tawarkan kudapan atau makanan alternatif. Anak mungkin akan merengek minta makan jika sudah lapar.

Semoga cara di atas bisa menyiasati anak 1 tahun Bunda yang sedang susah makan ya.

Simak juga cara membuat anak mau makan tanpa gadget:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi