sign up SIGN UP search


parenting

5 Gejala Aneh pada Bayi Baru Lahir, Mata Juling hingga Jerawatan

Mutiara Ananda Minggu, 08 Nov 2020 16:06 WIB
Bayi Baru Lahir caption

Jakarta - Pada bayi baru lahir biasanya memiliki beberapa gejala masalah kesehatan, Bunda. Tapi, gejala ini sebenarnya tidak perlu Bunda khawatirkan karena bersifat normal dan wajar.

Menurut Profesor Klinis Pediatri di UCLA School of Medicine, Loraine Stern, bayi cenderung mengalami gejala aneh selama enam bulan pertama kehiduapannya.

"Dalam kebanyakan kasus, mereka normal-normal saja," katanya, dilansir laman Parents. 


Bayi yang baru lahir memiliki saluran air mata yang sempit dan rentan tersumbat. Karena itu, biasanya bayi akan memiliki kotoran mata yang terkumpul berwarna putih dan kekuningan.

Dikutip dari laman Medical News Today, pada umumnya cairan yang keluar dari mata bayi karena salurannya tersumbat. Dokter biasa menyebutnya dengan dakriostenosis atau abstruksi saluran nasolakrimal. Cairan ini akan membantu membersihkan dan melumasi permukaan mata.

Gejala ini termasuk normal terjadi pada bayi. Jika keluarnya cairan terjadi bersamaan dengan gejala lain seperti mata kemerahan, bengkak dan nyeri, ini merupakan tanda bahwa mata bayi memiliki infeksi.

Selain gejala gangguan mata di atas, dilansir laman Parents, berikut ada 5 gejala aneh lain yang biasanya terjadi pada bayi yang baru lahir nih, Bunda. Simak ulasannya ya:

1. Meludah

Jika Bunda mendapati bayi tengah meludah, jangan khawatir. Ini adalah hal yang wajar terjadi pada bayi yang baru lahir. Bayi biasanya meludah setelah makan dan mereka tidak memerlukan obat.

"Otot tak sadar bayi masih semakin kuat, termasuk otot yang menahan susu di perutnya," kata dokter anak RSA di Montefiore, New York, Katherine O'Connor, M.D.

2. Cegukan

Cegukan atau kejang diafragma biasanya terjadi pada orang dewasa nih, Bunda. Tapi, bayi juga bisa mengalami cegukan dan ini hal yang wajar.

Jika bayi cegukan, jangan berikan makan atau minuman seperti Bunda menghentikan cegukan pada orang dewasa. Cegukan pada bayi akan berhenti dengan sendirinya.

3. Mata juling

Beberapa orang tua mulai dilanda kepanikan saat tahu mata bayi mereka juling. Nyatanya, hampir semua bayi mengalami ini pada mata mereka. 

"Dalam beberapa bulan pertama, otot mata masih berkembang dan bayi sedang belajar menggunakannya," jelas Dr.O'Connor.

4. Serangan kotoran

Meski pola makan bayi masih berubah-ubah selama empat hingga enam bulan pertama, jangan heran jika frekuensi buang air besar mereka lebih sering dari biasanya.

Kebiasaan buang air besar dan penyesuaian tinja pada bayi bergerak melalui usus secara lambat. Karena itu, bayi akan lebih sering buang air besar.

5. Jerawat

Biasanya jerawat menyerang remaja dan orang dewasa ya, Bunda. Tapi, ada beberapa bayi yang mengalami hal serupa di awal kelahiran mereka.

Ini adalah hal wajar karena ketika bayi baru lahir, kulit bayi sangat lembut dan tampak mengeluarkan jerawat atau komedo putih dalam semalam. Umumnya terjadi sekitar 2 hingga 3 minggu dan berpengaruh pada hormon.

Gangguan atau kebiasaan aneh yang dilakukan bayi di awal kelahirannya tersebut termasuk dalam hal-hal yang normal ya, Bunda. Semoga tidak membuat Bunda panik dan informasinya bermanfaat.

Bunda, simak juga yuk  penjelasan apakah bayi baru lahir boleh dibedong, klik video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi