sign up SIGN UP search


parenting

Pedoman Pemberian MPASI 4 Bintang, Bunda Perlu Tahu

Asri Ediyati   |   Haibunda Selasa, 22 Sep 2020 14:35 WIB
Mother feeding happy toddler girl with a spoon caption
Jakarta -

Menu MPASI kini bukan lagi mengikuti konsep 4 sehat 5 sempurna lho. Sejak 2014, menu MPASI 4 bintang ditetapkan sebagai Pedoman Gizi Seimbang (PGS). Meskipun sudah enam tahu berlalu, sebagian masyarakat Indonesia ternyata belum beralih ke konsep baru ini, Bunda.

Pakar nutrisi Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes., juga mengatakan bahwa fakta di lapangan, masih ada ibu yang tidak mengerti mengenai menu MPASI 4 bintang.

"Program MPASI yang benar, sudah dikeluarkan direktorat gizi, menu empat bintang. Menu empat bintang terdiri dari karbohidrat, protein, kacang-kacangan, sayur atau buah," kata Rita.


Apa bedanya? Mengutip laman resmi Kementerian Kesehatan RI, ada beberapa yang menjadi pembeda antara 4 sehat 5 sempurna dengan PGS. Pertama, penekanan pesan. Pada konsep 4 sehat 5 sempurna menekankan pada konsumsi nasi, lauk pauk, sayur, buah, dan memandang susu sebagai bahan pangan yang menyempurnakan.

Saat ini, susu dianggap bukan lagi penyempurna. Dalam PGS, susu termasuk ke dalam lauk-pauk dan bukan makanan penyempurna ataupun pengganti dengan jenis makanan lain yang sama nilai gizinya. Jadi misalnya si kecil minum susu sapi itu tidak bisa dijadikan penyempurna ya, Bunda.

Nah, menu MPASI yang sekarang dipakai ini adalah menu 4 bintang, yang berdasarkan PGS. Jadi prinsipnya, apa yang dimakan anak adalah menu yang sama dengan keluarga, hanya tekstur yang membedakan sesuai usia.

Mengutip Pedoman Kemenkes 2014, menu MPASI 4 bintang ini bukan sekadar nama, namun ada penjelasannya, Bunda. Menu Pertama yaitu satu bintang, komposisinya makanan pokok seperti nasi, jagung, sorgum, ubi. Kedua yaitu dua bintang, komposisinya sumber vitamin A, buah, dan sayur.

Soal buah, menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), buah tidak sama dengan jus buah. Jus mengandung gula dalam cukup banyak.

"Dan konsumsi jus buah membuat anak kenyang sehingga tidak berselera saat jam makan tiba. Berikan buah potong sebagai pengganti jus," tulis IDAI dalam booklet Pedoman Pemberian MPASI.

Ketiga yaitu tiga bintang, komposisinya kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang polong, kacang tanah. Lalu terakhir, empat bintang komposisinya sumber hewani yaitu daging ayam, sapi, ikan, ati, susu.

Semoga informasi tentang menu MPASI 4 bintang tadi jelas dan dapat dipahami ya, Bunda.

Simak juga video soal pengganti ikan salmon di menu MPASI:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!