sign up SIGN UP search


parenting

Mau Ajak Si Kecil Main di Luar? Perhatikan Dulu Hal Berikut Ini

Selasa, 06 Oct 2020 21:31 WIB
Family with kids in face mask in shopping mall or airport. Mother and child wear facemask during coronavirus and flu outbreak. Virus and illness protection, hand sanitizer in public crowded place. caption
Jakarta -

Saat mulai beranjak dewasa, aktivitas si kecil akan semakin bertambah. Penambahan aktivitas ini biasanya membuat ia ingin bermain di luar lingkungan rumahnya.

Dengan adanya pandemi ini tentu hal itu menjadi sebuah kekhawatiran bagi para orang tua. Namun, sekali-kali mengajak anak keluar rumah atau ke taman terdekat nggak masalah kok, Bun. Asal perhatikan dulu hal-hal yang harus dipatuhi dalam kondisi pandemi.

Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan agar waktu bermain anak di luar rumah lebih aman dikutip dari berbagai sumber.


Tunggu Lokasi Bermain Sepi
Saat ingin bermain di luar rumah, Bunda bisa melihat dulu keadaan tempat bermain tersebut. Carilah waktu-waktu di mana lokasi bermain sudah sepi atau hanya ada sedikit orang yang bermain.

Awasi Si Kecil Agar Selalu Jaga Jarak
Si kecil perlu lebih diperhatikan agar terus dapat menjaga jarak karena sifat ingin tahu yang dimiliki. Saat ia mendekati orang lain di lokasi bermain, jauhkan dia dan berilah pengertian agar tidak berdekatan. Bunda juga bisa memberikannya hadiah jika ia sudah disiplin dalam menjaga jarak.

Bekali Si Kecil dengan Masker & Hand Sanitizer
Masker sangatlah penting untuk digunakan untuk menghindari droplet virus yang berbahaya. Bekali si kecil dengan masker dan ajari dirinya untuk tidak melepaskan masker tersebut. Saat setelah bermain, ajari juga si kecil untuk mencuci tangan di wastafel terdekat. Jika tidak ada tempat mencuci tangan, Bunda bisa membawakan si kecil hand sanitizer yang sudah sesuai standar keamanan untuk anak.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Bunda lakukan agar si kecil dapat bermain dengan aman di luar rumah. Sebagai orang tua, tentu Bunda harus memberikan contoh yang baik sekaligus terus memantau dirinya saat bermain.

Dalam mencegah sebaran COVID-19, pemerintah pun saat ini sedang melakukan kampanye #IngatPesanIbu. Kampanye #IngatPesanIbu juga memiliki misi mengajak masyarakat untuk selalu lakukan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan).

Melalui kampanye ini, pemerintah mengajak agar masyarakat Indonesia selalu ingat untuk menerapkan protokol kesehatan layaknya si kecil yang selalu ingat pesan Bunda.

(ega/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi