sign up SIGN UP search


parenting

Cara Menambah Tinggi Badan Anak, Coba Konsumsi 12 Makanan Ini

Annisa Afani Selasa, 13 Oct 2020 07:26 WIB
little boy has a carrot in his hand, looks with his finger on carrot, healthy food concept, facial emotions positive, in orange T-shirt, isolated blue background, copy space. caption
Jakarta -

Banyak orang tua yang ingin anaknya dapat tumbuh tinggi secara optimal. Itu karena banyak yang meyakini bahwa badan yang tinggi bisa membuat anak lebih percaya diri.

Faktor utama yang mempengaruhi tinggi badan seseorang adalah susunan genetiknya, Bunda. Meski begitu, ada faktor eksternal yang juga dapat mempengaruhi tinggi badan seseorang, seperti nutrisi, hormon, aktivitas, dan kondisi medis.

Namun, mengutip Parenting Firstcry, tiga faktor terpenting penentu tinggi badan adalah gen, pola makan, dan gaya hidup. Bunda atau ayah tidak bisa mengubah susunan genetik yang diwariskan kepada buah hati, tapi orang tua bisa bisa memastikan bahwa pola makan dan gaya hidup yang sehat untuk mendukung pertumbuhannya.


"Tinggi badan tidak semata-mata didasarkan pada genetika, sebagaimana dibuktikan oleh kembar identik yang terkadang memiliki tinggi berbeda," kata professor pediatri di Fakultas Kedokteran Universitas Vanderbilt, Dr. Joseph Gigante, dikutip dari mom.com.

Seperti apa pertumbuhan tinggi anak?

Makanan bergizi bisa membantu memaksimalkan tinggi badan anak. Bayi dan anak tumbuh terus menerus karena perubahan lempeng pertumbuhan pada tulang lengan dan kaki mereka.

Selama tahun pertama kehidupannya, anak akan bertambah tinggi hingga 25 centimeter (cm). Namun, ukuran awal ini tidak terlalu memprediksi tinggi atau berat badan anak selanjutnya, Bunda.

Anak akan menambah sekitar 12 cm selama tahun kedua, kemudian mulai usia 3 tahun akan tumbuh sekitar 6 cm per tahun sampai percepatan pertumbuhan terakhir terjadi selama masa pubertas.

Setelah itu, pelat pertumbuhan berhenti membuat tulang baru, dan pertumbuhannya akan berhenti. Tangan dan kaki berhenti tumbuh, lalu lengan dan tungkai. Area terakhir yang berhenti tumbuh adalah tulang belakang.

Nutrisi penting untuk tinggi badan optimal

Ada beberapa nutrisi penting yang dapat mendukung pertumbuhan anak, serta membantunya menambah tinggi badan yang optimal. Mengutip dari Parenting Firstcry, berikut diantaranya:

1. Protein

Protein jadi salah satu faktor makanan terpenting untuk meningkatkan tinggi badan pada anak-anak, Bunda. Karena ini berguna untuk membangun, mengembangkan dan memelihara otot dan jaringan di dalam tubuh.

Apabila tubuh kekurangan protein, dapat menyebabkan pertumbuhan terhambat atau tidak normal serta massa otot yang rendah. Oleh karena itu, Bunda harus memastikan bahwa makanan anak diimbangi dengan cukup protein di dalamnya.

2. Mineral

Mineral tertentu dalam makanan juga sangat penting untuk menunjang tumbuh kembang anak dari segi tinggi badan, Bunda. Makanan yang kaya kandungan mineral seperti zat besi, magnesium, fosfor, yodium, mangan dan fluorida diketahui dapat meningkatkan pertumbuhan pada anak-anak dan remaja.

Selain itu, kalsium juga mineral lain yang sangat penting karena tidak hanya mendukung pertumbuhan, tetapi juga membuat tulang menjadi lebih kuat.

3. Vitamin

Dalam hal kesehatan dan tinggi badan, vitamin D turut memainkan peran penting karena berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium dalam tubuh. Apabila tubuh kekurangan vitamin D, maka tidak hanya dapat menyebabkan tulang lemah dan pertumbuhan terhambat, tetapi juga dapat berdampak negatif pada tinggi badan.

Selain itu, vitamin lain yang penting untuk pertumbuhan yang tepat pada anak-anak adalah vitamin A, B1, B2, C, F, dan asam askorbat. Sayuran dan buah-buahan yang kaya vitamin sangat penting dalam pola makan yang sehat dan seimbang.

4. Karbohidrat

Karbohidrat biasanya dianggap berbahaya, namun sebenarnya ini sangat penting untuk meningkatkan tinggi badan anak, Bunda. Karbohidrat dalam tubuh berfungsi untuk memberi energi pada tubuh. Karena itu, Bunda perlu memastikan makanan anak terdiri dari karbohidrat yang sehat.

Karbohidrat yang anak konsumsi harus terdiri dari biji-bijian seperti gandum dan sereal. Sementara karbohidrat dari tepung olahan, seperti pizza, burger, dan roti putih tidak baik untuk pertumbuhannya.

5. Asam lemak

Selain karbohidrat, protein, vitamin dan mineral, anak juga membutuhkan asam lemak omega-3 dan omega-6 dalam jumlah yang disarankan, Bunda. Jika sesuai dengan kebutuhannya, maka makanan dengan kandungan asam lemak ini dapat memastikan kesehatan yang baik dan tinggi badan yang optimal bagi anak.

Makanan penambah tinggi badan anak

Mengutip dari Parenting Firstcry dan Medical News Today, berikut beberapa jenis makanan yang dapat menambah tinggi badan anak:

1. Produk susu

Beberapa produk susu, meliputi susu, keju, dan yogurt. Semuanya bahan makanan ini kaya akan mineral penting seperti kalsium dan vitamin seperti A, B, D, dan E, Bunda.

Susu juga jadi sumber protein yang baik untuk membantu pertumbuhan sel dalam tubuh, lho. Sehingga tak lengkap rasanya jika susu tak masuk dalam daftar makanan yang dikonsumsi anak setiap harinya.

2. Telur

Telur memiliki beragam kandungan, seperti tinggi protein, kalsium, vitamin B12, dan B2, Bunda. Telur pun jadi makanan penting untuk bantu anak meningkatkan tinggi badannya.

3. Ayam

Ayam juga tinggi akan protein seperti telur, Bunda, Faktanya, ayam pun jadi salah satu makanan dengan kandungan protein tertinggi di antara makanan hewani, lho.

Manfaatnya, ayam dapat membangun jaringan dan otot anak yang, pada gilirannya, ini bisa membuatnya tumbuh tumbuh lebih tinggi.

4. Kedelai

Kedelai kaya akan protein, folat, vitamin, karbohidrat dan serat, Bunda. Ini merupakan alternatif yang baik bagi anak yang membutuhkan protein, namun sebagai vegetarian.

5. Pisang

Pisang kaya akan potasium, mangan, dan kalsium, pisang merupakan buah sederhana yang sangat membantu dalam meningkatkan tinggi badan serta kesehatan anak.

6. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian juga makanan yang bagus untuk diberikan pada anak saat dalam masa pertumbuhan, Bunda. Makanan ini kaya akan mineral dan vitamin esensial serta lemak sehat dan asam amino, yang penting untuk membantu dan mendukung pertumbuhan.

7. Sayuran berdaun hijau

Sebagian anak mungkin enggan untuk makan sayur, akan tetapi makanan seperti brokoli, bayam, kacang polong, okra, kecambah brussel dan sayuran hijau lainnya kaya akan mineral esensial, vitamin, dan serat. Semua elemen yang terkandung dalam sayuran tersebut sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan yang baik secara keseluruhan bagi anak.

8. Buah-buahan

Asupan buah pada anak sangat baik karena di dalamnya terkandung berbagai vitamin, mineral dan serat, Bunda. Jadi, pastikan anak mengonsumsi semua jenis buah-buahan, terutama yang kaya vitamin C dan A, seperti pepaya, jeruk, semangka, mangga, apel dan aprikot.

9. Ikan

Pilihan protein nabati lainnya yang bisa Bunda berikan adalah ikan. Ikan kaya akan protein dan vitamin D, yang diperlukan untuk perkembangan tulang dan otot, sehingga dapat membantu anak untuk tumbuh lebih tinggi.

10. Wortel

Tak hanya kaya akan vitamin A yang baik untuk mata, wortel juga kaya akan vitamin C yang penting untuk menjaga kalsium dalam tulang dan menjaganya tetap sehat.

11. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh sangat sehat dan penting untuk anak-anak, Bunda. Di dalamnya, terkandung banyak energi, kaya akan serat, vitamin, zat besi, kalsium, magnesium, dan selenium.

12. Daging merah

Daging merah merupakan makanan protein bagi non-vegetarian, Bunda. Namun, karena terlalu banyak daging merah yang tidak baik untuk tubuh, maka konsumsinya harus dalam jumlah sedang, ya.

Nah, semoga informasi ini membantu ya, Bunda.

Bunda, simak juga penjelasan terkait berenang yang dapat meninggikan anak tubuh anak dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi