sign up SIGN UP search


parenting

Lakukan 7 Olahraga Ini sebagai Cara Menambah Tinggi Badan Anak

Haikal Luthfi Jumat, 09 Apr 2021 17:16 WIB
two asian little girls having fun to swim in swimming pool together caption
Jakarta -

Tidak sedikit orang tua yang menginginkan anaknya memiliki postur badan yang ideal, Bunda. Ya, tinggi badan merupakan salah satu di antara tolak ukur untuk menambah kepercayaan diri seseorang.

Meski begitu, beberapa orang memang ada yang terlahir memiliki postur tinggi dan juga pendek, Bunda. Hal ini dikarenakan bawaan genetik dari orangtua yang memberikan pengaruh pada ukuran tubuh anak.

"Tinggi badan tidak semata-mata didasarkan pada genetika, sebagaimana dibuktikan oleh kembar identik yang terkadang memiliki tinggi berbeda," kata professor pediatri di Fakultas Kedokteran Universitas Vanderbilt, Dr. Joseph Gigante, dikutip dari laman Mom.


Jika tinggi Bunda dan pasangan hanya berjarak beberapa centimeter (cm), Bunda mungkin dapat mengharapkan anak tumbuh setidaknya beberapa cm lebih tinggi dan memastikan bahwa anak tumbuh dengan ketinggian yang wajar.

Ada banyak cara untuk menambah tinggi badan, salah satunya dengan melakukan aktivitas olahraga, Bunda. Nah, apa saja jenis olahraga yang dianjurkan? Simak ulasannya sebagai berikut!

Olahraga untuk menambah tinggi badan

Berolahraga adalah merupakan salah satu cara meninggikan badan. Selain demi kesehatan, aktivitas ini juga bisa memperkuat otot, tulang, menjaga berat badan, dan meningkatkan produksi hormon pertumbuhan, Bunda.

Adapun beberapa latihan olahraga yang dapat memicu tinggi badan seperti yang dikutip dari laman Stylecraze, yaitu:

1. Stretching

Peregangan atau stretching adalah salah satu cara efektif untuk meningkatkan tinggi badan anak. Olahraga sederhana yang melibatkan peregangan.

Jenis peregangan yang bisa dicoba untuk anak adalah berdiri di dinding dengan punggung menghadapnya. Cobalah untuk mengangkat tangannya dan melakukan peregangan sejauh mungkin.

Kemudian duduk dengan punggung menempel di dinding dengan jari-jari kaki dan regangkan otot-otot di kakinya. Ini bisa diulang sepuluh kali setiap hari.

Latihan peregangan lainnya adalah membuat anak duduk di lantai dengan kaki terbuka selebar mungkin. Biarkan dia menekuk pinggangnya dan melakukan peregangan untuk menyentuh jari kakinya, sekitar empat kali pada setiap kaki. Ini adalah latihan yang bermanfaat karena membantu pemanjangan tulang belakang dan memperbaiki postur tubuhnya, Bunda.

2. Latihan menggantung

Latihan menggantung dapat dilakukan layaknya seperti bermain. Kebanyakan anak-anak menyukai olahraga ini.

Ini efektif dalam memanjangkan dan meluruskan tulang belakang anak, Bunda. Beberapa teknik yang bisa diaplikasikan seperti gerakan pull up maupun chin up demi mendapatkan hasil yang terbaik. Oh iya, pastikan anak berlatih setiap hari selama sekitar 10 menit ya Bunda.

3. Yoga

Gerakan asana yoga seperti surya namaskar sangat ideal dalam membantu anak-anak tumbuh tinggi. Pose ini memungkinkan tubuh meregang sepenuhnya, mendorong pertumbuhan tinggi. Pastikan anak melakukan latihan pernapasan sederhana sebelum memulai.

Selain itu, chakrasana adalah latihan yoga lainnya yang akan membuat anak dapat meregangkan seluruh tubuhnya. Ini melibatkan berbaring telentang dengan kaki terbuka. Cobalah untuk mengajak anak untuk menekuk lututnya, menyentuh bokongnya, dan menekuk sikunya sehingga jari-jarinya menyentuh bahunya.

Langkah selanjutnya adalah menarik napas dan mendorong tubuhnya ke atas untuk membuat huruf U, serta tetap dalam posisi ini selama dia bisa.

4. Lompat tali

side view of happy girl humping exercising with skipping rope on greyIlustrasi anak lompat tali/ Foto: IStockphoto/LightFieldStudios

Lompat tali atau skipping adalah olahraga aktif yang disukai oleh banyak anak dan dapat digunakan sebagai latihan untuk meningkatkan pertumbuhan anak.

Saat dia melompat, tubuhnya meregang dan karenanya, dia tumbuh beberapa cm setiap kali dia melakukan olahraga ini.

5. Berenang

Olahraga renang kerap melibatkan setiap anggota tubuh yang mengharuskan anak menggunakan lengan dan kakinya untuk bergerak, Bunda.

Ini merupakan latihan yang bagus serta dapat membantu membuat anak tumbuh lebih tinggi. Berenang juga membantunya melatih seluruh tubuhnya, memberinya kekuatan dan kesehatan.

6. Jogging

Manfaat jogging tidak ada habisnya, bahkan untuk orang dewasa sekalipun. Untuk membuat anak tumbuh lebih tinggi, biasakan dia untuk melakukan aktivitas jogging setiap hari dan menemaninya agar lebih menyenangkan, Bunda.

7. Latihan beban kaki

Terakhir adalah latihan beban kaki, yang merupakan cara efektif lain untuk meningkatkan tinggi badan anak.

Satu-satunya tujuan dari latihan ini adalah untuk meregangkan tubuh bagian bawah. Tulang rawan di antara lutut anak direntangkan, yang dapat membuatnya lebih tinggi. Pastikan bahwa beban kecil digunakan dan tingkatkan seiring bertambahnya usia anak.

(haf/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi