sign up SIGN UP search


parenting

Alasan Bayi 7 Bulan Merangkak Mundur, Bunda Tak Perlu Khawatir

Melly Febrida Jumat, 16 Oct 2020 20:20 WIB
Front view of cute playful baby girl having fun on the floor while being chased by someone. caption

Pada tahap perkembangan usia 7 bulan, bayi biasanya sudah bisa merangkak. Tapi, bagaimana kalau si Kecil merangkak ke belakang, bukan ke depan? Bunda enggak usah khawatir si Kecil kenapa-kenapa, itu normal dan wajar Bunda.

"Ketika bayi baru saja belajar merangkak, ia akan mencari cara paling hemat energi atau tidak terlalu melelahkan untuk melakukannya. Oleh karena itulah, sering ditemui bayi yang merangkak mundur," kata Tanya Remer Altmann, dokter spesialis anak yang juga menjadi editor buku The Wonder Years: Helping Your Baby and Young Child Successfully Negotiatie the Major Developmental Millestone.


Apabila lengan bayi sudah lebih kuat ketimbang kaki, kata Altmann, bayi akan mencoba mendorong atau bergerak ke belakang. "Ini merupakan hal yang umum dan tidak berarti si Kecil melewatkan satu tahap dalam perkembangannya," ujar Altmann.

Dengan semakin kuatnya kaki, kata Altmann,  bayi akan belajar untuk merangkak ke depan dengan sendirinya.

Sementara itu, William Sears, dokter spesialis anak yang juga merupakan penulis buku parenting mengatakan bahwa merangkak itu awal perkembangan kemampuan bayi. "Merangkak adalah metode pertama yang dilakukan bayi untuk menjelajahi sekelilingnya dengan kemampuannya sendiri," ujar Sears dikutip dari buku Parents Guide Growing Up Usia 0-12 Bulan.


Ketika merangkak, kata Sears, anak belajar menyeimbangkan tangan dan kakinya. Setelah itu, bayi akan mencari cara untuk bergerak maju atau mundur dengan menekankan lututnya. Pada saat yang sama, cara ini juga berfungsi menguatkan otot kaki yang memungkinkan anak bisa cepat berjalan.

Umumnya, bayi mulai bisa merangkak pada usia 6-10 bulan. Selain merangkak, pada usia ini bayi juga sudah bisa tengkurap dan berguling-guling.

Mengutip Very Well Family, perkembangan bayi usia 8 bulan lebih banyak merangkak dan meletakkan segala sesuatu di mulut mereka. Namun jika bayi Bunda dan Ayah belum merangkak di usia ini jangan khawatir. Adalah normal bagi bayi untuk berkembang pada timeline yang berbeda. Terutama untuk merangkak dan berjalan.



"Menjelang 8 bulan, sebagian besar bayi merangkak, tetapi jika si kecil belum membuat lompatan untuk merangkak, tidak apa-apa," ujar dr. Joel Forman, MD,.

Bunda, simak juga yuk manfaat merangkak untuk bayi seperti dijelaskan dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi