sign up SIGN UP search


parenting

Tahap Perkembangan Bayi 0-12 Bulan, Bunda Perlu Tahu

Asri Ediyati Minggu, 11 Oct 2020 14:43 WIB
little baby boy crawling on floor at home. caption
Jakarta -

Pernahkah Bunda merasa, tumbuh kembang anak begitu cepat? Dalam hitungan minggu, anak yang tadinya tidak berdaya di kasur, bisa duduk dan merangkak. Supaya memastikan anak tumbuh kembang dengan sehat, penting bagi Bunda untuk mengetahui milestone anak.

Apa itu milestone? Menurut dokter spesialis anak John Mersch, MD, FAAP, selain pertumbuhan fisik bayi dalam hal tinggi dan berat badan, bayi juga mengalami tahapan pencapaian besar yang disebut sebagai developmental milestone.

Milestone adalah keterampilan yang mudah diidentifikasi yang dapat dilakukan bayi, seperti berguling, duduk, dan berjalan. Apa klasifikasi milestone? Biasanya, milestone diklasifikasikan menjadi tiga kategori 1) perkembangan motorik, 2) perkembangan bahasa, dan 3) perkembangan sosial / emosional.


Perlu diingat, menurut Mersch, tidak ada dua bayi yang mengalami pencapaian milestone pada waktu yang sama. Ada rentang waktu ketika milestone tertentu akan tercapai.

"Misalnya, bayi belajar berjalan mandiri antara usia 9-16 bulan. Bayi juga menghabiskan jumlah waktu yang berbeda di setiap tahap sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya," kata Mersch, dilansir Emedicine Health.

Nah, berikut ini secara lengkap milestone bayi 0-12 bulan:

1. Usia 0-3 bulan

Perkembangan motorik

Dilansir Pathways, milestone perkembangan motorik di usia 0-3 bulan adalah belajar berbaring dan tengkurap, mereka mulai mendorong lengan. Lalu, sambil berbaring tengkurap, mereka belajar angkat kepala.

Mereka mampu menggerakkan kepalan tangan dari tertutup menjadi terbuka, mereka juga mampu mendekatkan tangan ke mulut, dan mereka menggerakkan kaki serta lengan saat bersemangat.

Perkembangan bahasa

Milestone bayi 0-3 bulan dalam bahasa adalah biasanya mereka diam atau tersenyum menanggapi suara atau suara. Lalu, mereka memutar kepala ke arah suara.

Mereka juga menunjukkan minat pada wajah, melakukan kontak mata, menangis secara berbeda untuk kebutuhan yang berbeda (misalnya lapar atau lelah), dan mereka bisa tersenyum bahkan tertawa.

Kemampuan sosial

Di usia 0-3 bulan, bayi menikmati interaksi tatap muka yang menyenangkan dengan orang-orang. Bayi juga tersenyum dan tertawa sebagai tanggapan atas interaksi yang menyenangkan.

2. Usia 4-6 bulan

Perkembangan motorik

Milestone bayi 4-6 bulan, pada umumnya mereka mulai menggunakan tangan untuk menopang diri sendiri saat duduk. Kemudian bisa berguling sendiri dari belakang ke perut dan perut ke punggung.

Bayi juga bisa berdiri dengan penyangga, terima seluruh beban dengan kaki. Bayi bisa meraih mainan terdekat saat tengkurap. Kemudian sambil berbaring telentang, mereka bisa dengan kedua tangannya untuk meraih dan bermain dengan kaki. Sambil berbaring telentang, mereka juga bisa pindahkan mainan dari satu tangan ke tangan lainnya.

Perkembangan bahasa

Milestone bahasa bayi 4-6 bulan yaitu sudah bisa bereaksi terhadap suara yang tiba-tiba datang. Mereka juga mau mendengarkan dan menanggapi saat diajak bicara. Mereka mulai menggunakan suara konsonan dalam mengoceh, misalnya 'Da, da, da'.

Bayi juga menggunakan ocehan untuk mendapatkan perhatian, membuat berbagai jenis suara untuk mengekspresikan perasaan, serta memperhatikan mainan yang mengeluarkan suara.

Kemampuan sosial

Milestone bayi 4-6 bulan sudah bisa menikmati interaksi yang menyenangkan dengan orang lain, misalnya ci-luk-ba. Kemudian, mereka bersuara sebagai respons terhadap interaksi yang menyenangkan.

Bayi juga memalingkan kepala ke arah suara, menjaga kontak mata dengan orang yang dikenal selama interaksi yang menyenangkan. Selain itu, mereka suka bermain dengan mainan dengan tekstur yang bervariasi.

Mereka juga menikmati mainan musik, mengangkat tangan untuk digendong, dan menikmati berbagai jenis gerakan, seperti diayunkan dengan lembut.

Ilustrasi BayiIlustrasi Bayi/ Foto: iStock

3. Usia 7-9 bulan

Perkembangan motorik

Bayi bisa duduk tanpa dukungan dan meraih mainan tanpa jatuh. Bayi bisa pindah dari tengkurap atau punggung ke duduk. Mereka mulai bergerak dengan gerakan kaki dan lengan yang bergantian, misalnya merayap, merangkak.

Bayi juga sudah bisa mengangkat kepala dan mendorong melalui sikut. Mereka bisa memutar kepala untuk melacak objek secara visual sambil duduk.

Bayi bisa menunjukkan lebih banyak kontrol saat berguling dan duduk. Mereka mengambil benda kecil dengan ibu jari dan jari, serta mereka bisa meniru orang lain.

Perkembangan bahasa

Milestone bayi 7-9 bulan dalam kategori bahasa adalah menggunakan variasi suara dan kombinasi suku kata, yang lebih banyak dalam mengoceh. Mereka melihat objek dan orang yang dikenal saat dinamai.

Bayi di usia ini juga mengenali suara nama. Mereka berpartisipasi dalam komunikasi dua arah, mengikuti beberapa perintah rutin saat dipasangkan dengan gerakan.

Mereka juga menunjukkan pengenalan kata-kata yang umum digunakan. Mereka menggunakan gerakan sederhana, misalnya menggelengkan kepala untuk "tidak" dan terakhir, mereka bisa menirukan suara.

Kemampuan sosial

Milestone bayi 7-9 bulan dalam kategori ini yaitu tertarik berinteraksi dengan orang lain, misalnya mereka melakukan ci-luk-ba. Mereka senang bermain dengan mainan dengan tekstur bervariasi.

Mereka senang bermain dengan mainan musik, tertarik bermain dengan benda berwarna-warni. Kemudian, mengangkat tangan ke arah orang dewasa untuk digendong.

Mereka juga menjaga kontak mata dengan orang selama interaksi menyenangkan. Mereka juga senang bergerak menjelajahi lingkungan saat diletakkan di lantai.

4. Usia 10-12 bulan

Perkembangan motorik

Nah, di usia 10-12 bulan, biasanya bayi bisa menarik untuk berdiri dan bergerak di sepanjang furnitur. Mereka juga bisa berdiri sendiri dan mengambil beberapa langkah independen.

Bayi juga bergerak keluar-masuk berbagai posisi untuk menjelajahi lingkungan dan mendapatkan mainan yang diinginkan. Mereka juga sudah bisa menjaga keseimbangan duduk saat melempar benda.

Lucunya, bayi di usia ini sudah bisa bertepuk tangan, melepaskan benda ke dalam wadah dengan bukaan besar. Kemudian, menggunakan ibu jari dan jari telunjuk untuk mengambil benda kecil.

Perkembangan bahasa

Bayi bisa secara bermakna menggunakan 'mama' atau 'dada' untuk memanggil orang tuanya. Mereka juga bisa menanggapi petunjuk sederhana, misalnya 'Ke sini!'. Mereka juga bisa menghasilkan rangkaian panjang 'omong kosong' (jargoning) dalam komunikasi sosial.

Milestone bayi 10-12 bulan dalam berbahasa, mereka bisa mengatakan satu atau dua kata, meniru suara ucapan. Mereka juga mengoceh memiliki suara dan ritme bicara.

Mereka juga perhatikan ke mana Bunda melihat dan menunjuk. Mereka juga menanggapi kata "tidak", dan mulai menggunakan gerakan tangan untuk mengkomunikasikan keinginan dan kebutuhan. Misalnya, meraih untuk dijemput.

Kemampuan sosial

Milestone bayi usia 10-12 bulan, bayi mulai tertarik berinteraksi dengan orang lain. Bayi bisa menjaga kontak mata dengan orang-orang selama interaksi yang menyenangkan.

Mereka juga memalingkan kepala sebagai respons atas nama yang dipanggil. Mereka sudah bisa menunjuk ke benda yang menarik perhatian lho.

Bayi di usia ini bisa menikmati bermain dengan mainan dengan tekstur yang bervariasi. Mereka suka bermain dan berjoget dengan mainan musik.

Mereka menikmati berbagai jenis gerakan dan sering menjelajahi lingkungan untuk mendapatkan mainan yang diinginkan.

Simak juga ide kado bayi baru lahir di bawah Rp200 ribu, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi