sign up SIGN UP search


parenting

Cara Jitu Bikin Si Kecil Terapkan Physical Distancing

Senin, 12 Oct 2020 10:34 WIB
Little boy in medical mask hugging crop mother and looking at camera during coronavirus outbreak against gray background caption
Jakarta -

Di masa pandemi ini merupakan situasi yang sangat sulit diterima oleh setiap orang, termasuk si kecil. Apalagi anak-anak adalah generasi yang aktif bermain, kondisi pandemi ini pasti membuat mereka merasa dibatasi. Namun, mau tak mau hal itu harus dilakukan demi kesehatan si kecil dan keluarga.

Dari beberapa aturan protokol kesehatan, physical distancing atau jaga jarak menjadi salah satu hal yang sulit dilakukan oleh si kecil. Untuk menghadapi tantangan tersebut, Bunda bisa loh mengajak anak untuk menjaga jarak dengan cara jitu yang dilansir dari The New York Times berikut ini.

To the point

Anak-anak memiliki banyak sekali imajinasi. Jika Bunda terlalu banyak memberikan penjelasan tentang virus Corona kepada si kecil maka bisa membuatnya cemas. Oleh karena itu, Bunda cukup bilang virus Corona merupakan virus baru yang membuat banyak orang sakit. Tapi si kecil tidak akan sakit jika mau menjaga jarak dengan orang lain.


Jelaskan lewat dongeng

Tak ada anak yang tidak menyukai dongeng. Bunda bisa menjadikan dongeng sebagai media untuk bercerita tentang pandemi, virus Corona dan hal-hal yang harus dilakukan si kecil agar terhindar dari virus tersebut. Dengan penyampaian yang sederhana melalui dongeng, konsep yang sulit pun akan menjadi mudah dipahami si kecil.

Bermain game

Anak-anak juga cenderung mempraktikkan jarak sosial jika hal itu terasa menyenangkan. Seorang profesor psikologi Inggris merancang sebuah video game Can You Save the World?. Di game tersebut anak-anak belajar menghindari orang di trotoar yang padat, mengumpulkan topeng, dan menghindari bersin untuk mendapatkan poin.

Gunakan kata-kata yang lembut

Tak ada anak yang suka dimarahi. Kemarahan orang tua justru akan memperburuk keadaan dan menyebabkan anak menjadi lebih suka membangkang. Oleh karena itu gunakan kata-kata yang lembut saat meminta anak melakukan protokol kesehatan.

Beri pujian

Bunda juga bisa berikan pujian ketika si kecil sudah melakukan hal yang tepat, seperti menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun. Pujian yang Bunda berikan bisa memotivasi si kecil untuk terus melakukan hal-hal baik tersebut.

Guna mencegah penyebaran COVID-19, pemerintah saat ini sedang melakukan kampanye #IngatPesanIbu. Melalui kampanye ini, pemerintah mengajak agar masyarakat Indonesia selalu ingat untuk menerapkan protokol kesehatan.

Adapun kampanye #IngatPesanIbu memiliki misi mengajak masyarakat untuk selalu terapkan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan). Yuk, ingatkan si kecil untuk selalu jaga jarak, Bun. Dengan jaga jarak, si kecil bisa terhindar dari infeksi virus dan penyakit.

Yuk, selalu #ingatpesanbunda atau #ingatpesanibu, untuk #pakaimasker, #jagajarak, dan #cucitanganpakaisabun.

[Gambas:Video Haibunda]



(ega/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi