sign up SIGN UP search


parenting

Menteri Nadiem Makarim Ungkap Ritual Makan Bareng Keluarga, Tak Ada HP & TV

Asri Ediyati Senin, 19 Oct 2020 07:07 WIB
Nadiem Makarim Makan Bersama Anak Istri Nadiem Makarim Makan Bersama Anak Istri/ Foto: Instagram
Jakarta -

Di sela kesibukannya sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim selalu menikmati waktu senggang bersama buah hatinya. Salah satu aktivitas yang dianggap penting olehnya adalah makan bersama.

Baginya, makan bersama adalah ritual keluarga yang penting. Nadiem Makarim pun memiliki aturan khusus saat makan bersama. Dengan istrinya, Franka Franklin Makarim, ia menerapkan aturan makan tanpa gadget pada anaknya, termasuk televisi yang tidak boleh dinyalakan.

"Makan bersama adalah ritual penting di keluarga saya. Aturannya tidak boleh ada HP maupun TV menyala saat makan," tulis Nadiem Makarim, dikutip dari akun Instagram-nya.


Sebaliknya, apa yang dilakukan Nadiem Makarim bersama istri yaitu membuka sesi diskusi dengan anak-anak mereka, Bunda. "Makan bersama adalah saatnya berdiskusi, bertanya jawab, dan menunjukan anak-anak kita bahwa kita adalah satu tim yang kompak," kata Nadiem.

Aturan makan bersama ala Nadiem Makarim pun mendapat pujian dari netizen. "Peraturan sederhana yang membawa dampak luar biasa," tulis akun @wil*********.

"Enggak cuma mentor pendidikan tapi mentor parenting. Menteri yang sangat cerdas dan hangat," tulis akun @da*******.

Sebagai Mendikbud, Nadiem Makarim memberikan contoh yang baik ya, Bunda? Psikolog anak dari Tiga Generasi, Anastasia Satriyo atau akrab disapa Anas bilang sebisa mungkin kita enggak memberi anak gadget saat makan. Tujuannya, supaya anak lebih menikmati proses makan.

"Terbiasa makan sambil main gadget juga bikin anak enggak fokus pas makan. Anak juga enggak belajar sensor kapan lapar dan kenyang. Sama aja kayak kita orang dewasa kalau makan sambil nonton film, kan makanan main masuk aja ya. Kita jadi enggak aware sama kapan kita lapar dan kenyang," kata Anas.

Simak juga cara tumbuhkan minat baca anak di era pandemi:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi