sign up SIGN UP search


parenting

Baim Wong dan Paula Panik Lihat Kiano Jatuh, Gusinya Sampai Berdarah

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Selasa, 27 Oct 2020 12:25 WIB
Baim Wong caption
Jakarta -

Kabar kurang menyenangkan datang dari pasangan Baim Wong dan Paula Verhoeven. Putra semata wayang mereka, Kiano Tiger Wong, baru saja terjatuh dari tempat tidur.

Kiano menangis kejar ketika terjatuh di kamar tidur. Ia bahkan sampai terluka dan berdarah di bagian mulutnya, Bunda.

Paula langsung panik dan segera menghubungi dokter. Ia menunjukkan luka Kiano dan meminta saran penanganan medis dari dokter.


"Dokter, Kiano baru jatuh. Tuh, berdarah lihat giginya, kayaknya kena gusinya," kata Paula, dikutip dari YouTube Baim Paula, Senin (26/10/2020).

Mendengar anaknya terluka, Baim langsung pulang dan melihat kondisi Kiano. Ia lalu mendengarkan penjelasan Paula yang ternyata meninggalkan putranya sendiri di dalam kamar.

"Sebelum aku pergi, aku sudah cek dia tidur di kamar. Terus habis itu aku tutup pintunya, aku turun ke bawah," ujar Paula.

"(Tiba-tiba) Dia nangis kencang banget, ternyata ada lecet berdarah, kayaknya gusinya kena," sambung Paula.

Paula berani meninggalkan Kiano di kasur karena dulunya sang putra tak banyak bergerak. Namun, sejak menginjak usia delapan bulan, Kiano lebih berani turun dari kasur.

"Biasanya aku taruh di bawah kalau tidur, tapi aku kira aku bakal ke atas lagi. Tapi pas aku balik, dia sudah jatuh. Biasanya kan dia enggak berani turun, sudah mulai delapan bulan ke atas dia sudah berani. Biasanya cuma nangis doang, nah ini sudah mulai bisa turun," ucap Paula Verhoeven.

Paula berusaha untuk mengobati luka Kiano dengan mengompres es batu. Wanita 33 tahun ini mengaku panik melihat anaknya jatuh dan terluka.

Mendengar penjelasan sang istri, Baim langsung memperingatkan Paula untuk lebih berhati-hati. Ia tidak ingin Paula menyesal jika hal buruk benar-benar terjadi pada Kiano.

"Iya enggak apa-apa untuk sekarang mah, cuma aduh kalau kenapa-napa nyesel kamu beneran," ujar Baim.

Saat anak terjatuh dari tempat tidur, Bunda sebaiknya jangan panik dulu ya. Menurut dokter spesialis anak, I Gusti Ayu Nyoman Partiwi, Sp.A, MARS, atau disapa Tiwi, anak yang terjatuh itu paling ditakutkan kalau ada trauma kepala.

Namun, kalau si kecil jatuh dan terbentur sedikit, itu masih enggak apa-apa kok. Orang tua hanya perlu waspada jika terjadi trauma.

"Kecuali traumanya berat dan ada kelainan misalnya pembekuan darah, memang perlu diwaspadai. Tapi kalau cuma jatuh ringan, kepentok gitu, 100 persen aman," kata Tiwi.

Melansir dari Healthline, jika anak berisiko mengalami cedera setelah jatuh dari tempat tidur, Bunda sebaiknya melakukan pertolongan pertama. Jika si kecil muntah atau tampak mengalami kejang, coba balikkan tubuh untuk menjaga agar leher tetap lurus.

Jika ada pendarahan, tekan perlahan area luka dengan kain kasa atau handuk bersih sampai bantuan medis datang. Nah, kalau luka tidak tampak parah, Bunda cukup angkat pelan-pelan si kecil dan menghiburnya agar tidak takut atau cemas. Orang tua harus menghubungi dokter jika anak jatuh berusia di bawah setahun.

Simak juga pertolongan pertama anak saat terluka dan berdarah, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!