sign up SIGN UP search


parenting

7 Tanda Batuk Berbahaya pada Anak yang Perlu Diwaspadai Orang Tua

Annisa Karnesyia Kamis, 19 Nov 2020 14:05 WIB
Tanda Batuk Berbahaya pada Anak
Cute little blond girl coughing in her elbow isolated on white- the technique  recommended by the U.S. Centers for Disease Control and Prevention and the American Academy of Pediatrics. caption

4. Batuk berdahak (sputum)

Sputum memainkan peranan penting untuk mendiagnosis penyakit anak. Jika dahak anak yang batuk berwarna kekuningan atau kehijauan, bisa jadi penyebab sakit adalah infeksi.

Sementara, jika produksi dahak berlebih dapat menandakan kondisi pneumonia dan fibrosis kistik. Penting bagi orang tua mengamati dahak anak saat batuk.

5. Batuk disertai demam

Batuk disertai demam dan pilek pada anak bisa disebabkan karena flu. Namun, kondisi bisa berbahaya jika demam yang dialami tinggi.


"Batuk disertai demam 39 derajat Celcius atau lebih mungkin bisa disebabkan pneumonia. Umumnya pada kondisi ini si kecil terlihat lemah dan bernapas cepat," kata konsultan pediatri, Patricia Solo-Josephson, MD, dilansir Kids Health.

Dalam kasus seperti ini, Bunda sebaiknya hubungi dokter. Semakin cepat anak ditangani, semakin baik proses penyembuhannya.

6. Batuk disertai muntah

Batuk biasanya memicu refleks muntah. Pada anak dengan kondisi batuk karena pilek atau asma kambuh, dapat muntah jika banyak lendir mengalir ke perut dan menyebabkan mual.

Selain itu, batuk bisa menjadi berbahaya jika muntah disertai darah. Batuk yang mengeluarkan darah juga perlu diwaspadai.

Umumnya, batuk disertai muntah tidak membahayakan. Namun, Bunda perlu waspada bila batuk tak kunjung berhenti dan si kecil terus muntah hingga berdarah.

7. Batuk disertai nyeri dada

Batuk disertai nyeri dada bisa berbahaya jika tidak segera ditangani. Nyeri dada bisa disebabkan asma, infeksi saluran napas, dan sindrom tietze.

Pada kondisi emboli paru, batuk disertai napas pendek atau cepat. Selain itu, mereka mengalami nyeri dada, jari tangan dan bibir berubah menjadi kebiruan disertai batuk berdarah.

(ank/rap)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Rekomendasi