sign up SIGN UP search


parenting

Belajar Tenang, Begini 5 Cara Mencegah Penularan Corona di Pesantren

Muhayati Faridatun Minggu, 22 Nov 2020 21:05 WIB
Memperingati Hari Santri Nasional dengan tema caption
Jakarta -

Di masa pandemi ini, sangat penting menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penularan virus Corona. Salah satunya di tempat dengan kegiatan yang melibatkan banyak orang, seperti pesantren.

Ya, tidak seperti sekolah reguler, pesantren tetap menjalankan pembelajaran biasa seperti sebelum pandemi. Sehingga, lingkungan terbatas yang dihuni banyak orang ini rentan terhadap penyebaran COVID-19.

Lalu, bagaimana cara pencegahan COVID-19 di pesantren yang bisa kita lakukan? Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah Dr. K.H. Sofwan Manaf, M.Si., memberikan lima tips untuk menekan penyebaran virus Corona di lingkungan pesantren.


Berikut seperti dilansir covid19.go.id:

1. Terapkan satu pintu atau one gate system untuk membatasi lalu lintas orang masuk. Sehingga, interaksi santri dengan masyarakat jadi lebih mudah terpantau.

2. Wajib pakai masker selama di lingkungan pondok pesantren, baik santri, guru, maupun pengelola. Terapkan juga denda bagi pelanggarnya, misal sebesar Rp 250.000.

3. Guru dari luar wajib tinggal di pondok pesantren, atau memilih mengajar online agar tidak berisiko menularkan COVID-19 pada santri.

4. Batasi kunjungan orang tua santri selama masa pandemi, yakni 80 orang per pekan. Orang tua yang akan berkunjung juga diwajibkan mendaftar online lebih dahulu.

5. Bagi santri yang baru datang ke pesantren, wajib melakukan rapid test. Lalu, santri diwajibkan isolasi mandiri sebelum bergabung dengan santri lainnya.

"Saat berkunjung, wali santri juga diberikan jarak dua meter saat bertemu santri dan tidak boleh bersentuhan badan," kata Kyai Sofwan.

Jangan lupa juga, selalu #ingatpesanbunda #ingatpesanibu untuk #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan dan #cucitanganpakaisabun seperti imbauan #satgascovid19

Bunda, simak juga tips belajar online tetap efektif selama pandemi Corona, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi