sign up SIGN UP search

parenting

7 Dampak Anak Sekolah Tanpa Tatap Muka, Bunda Perlu Tahu

Muhayati Faridatun Senin, 30 Nov 2020 14:39 WIB
Dampak anak sekolah tanpa tatap muka
Kids are home from school and finding things to do to stay busy. caption

Dampak anak tak belajar tatap muka

Ketua KPAI Susanto mengungkap hasil pengawasan dan survei kesiapan pembelajaran tatap muka. Ia mengatakan, hasil ini menjadi catatan dan masukan untuk pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

"Salah satu data yang dihasilkan, hanya 4,8 persen satuan pendidikan yang melakukan rapid test," ungkapnya.

Susanto lalu mengimbau, sebelum pembelajaran tatap muka lagi, pastikan sekolah, guru, peserta didik, dan lingkungan sekolah, membangun ekosistem yang sehat. Ini tentunya terkait perlindungan bagi kesehatan anak, Bunda.


Perlu diingat juga, dampak anak terlalu lama sekolah tanpa tatap muka langsung. Dikutip dari Panduan pembelajaran ada Semester Genap Tahun Ajaran dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi COVID-19, berikut 7 dampak anak mengikuti pembelajaran tanpa tatap muka:

1. Kesenjangan capaian belajar

Perbedaan akses dan kualitas selama pembelajaran jarak jauh bisa mengakibatkan kesenjangan capaian belajar, terutama anak dari sosio-ekonomi berbeda.

2. Tumbuh kembang tidak optimal

Keikutsertaan dalam PAUD berkurang, sehingga anak berisiko kehilangan tumbuh kembang optimal di usia emas.

3. Risiko learning loss

Hilangnya pembelajaran terlalu lama berisiko terhadap pembelajaran jangka panjang, baik kognitif maupun perkembangan karakter anak.

4. Anak stres

Minim interkasi dengan guru, teman, dan lingkungan luar, ditambah tekanan akibat sulit mengikuti pembelajaran jarak jauh, bisa bikin anak stres, Bunda.

5. Persepsi orang tua

Selama pembelajaran tanpa tatap muka, banyak orang tua tidak bisa melihat peranan sekolah dalam KBM.

6. Kekerasan tak terdeteksi

Tanpa belajar tatap muka langsung di sekolah, banyak anak terjebak dalam kekerasan rumah tangga. Inilah yang tak terdeteksi oleh guru.

7. Ancaman putus sekolah

Risiko putus sekolah akibat anak terpaksa bekerja untuk membantu keuangan keluarga. Seperti Bunda tahu, kondisi ekonomi keluarga sangat terdampak selama krisis pandemi Corona.

Bagaimana menurut Bunda, siapkah Si Kecil kembali ke sekolah? Yang pasti selalu #ingatpesanbunda #ingatpesanibu untuk #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan, dan #cucitanganpakaisabun, sesuai imbauan #satgascovid19.

(muf/muf)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!