sign up SIGN UP search


parenting

Bun, Waspadai 5 Tipe Ayah Toxic dalam Mendidik Anak Perempuan

Annisa Karnesyia Jumat, 11 Dec 2020 10:40 WIB
Shot of a father disciplining his daughter at home caption
Jakarta -

Sosok ayah begitu penting dalam kehidupan anak perempuannya. Di mata anak, ayah dipandang sebagai role model dan pemimpin keluarga yang hebat.

Menurut terapis keluarga dan pernikahan, Dr.Gary Brown, anak yang sudah memasuki usia sekolah membutuhkan sosok seorang ayah secara psikologi, fisik, dan kesehatan sosial. Ayah dipercaya bisa memberikan pengaruh kuat bagi anak untuk menentukan jalan hidupnya, Bunda.

"Ayah sangat memberikan pengaruh yang kuat untuk membentuk pandangan anak perempuan tentang citra diri, nilai-nilai kehidupan, hubungan, dan hak anak untuk menentukan jalan hidup," kata Brown, dikutip dari Red Book.


Brown mengatakan bahwa anak perempuan membutuhkan sosok ayah selama fase perkembangannya. Bagi beberapa anak perempuan, berbicara soal masalah sensitif dengan ayah lebih nyaman dibandingkan dengan sang ibu.

"Banyak penelitian menunjukkan, jika seorang ayah selalu ada dalam hidup anak perempuan dan terjalin hubungan dekat, anak akan mampu mengatasi stres, tidak rentan terhadap depresi, dan gangguan kecemasan," ujar Brown.

Meski begitu, setiap ayah memiliki sifat dan sikap yang berbeda dalam mendidik anak perempuannya. Terkadang, sifat ini justru dikatakan sebagai 'toxic' karena meninggalkan dampak buruk, Bunda.

Tipe ayah 'toxic' masih sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti apa saja tipenya? Dilansir Women Working, berikut 5 kategori tipe ayah 'toxic' dalam mendidik anak perempuannya:

1. Ayah yang jauh

Ayah tipe seperti ini umumnya akan mengabaikan semua orang di sekitarnya. Ia tidak akan hadir secara emosional dan fisik untuk si anak.

Selain itu, ayah tipe ini sulit mengekspresikan emosinya dalam kondisi baik atau buruk. Beberapa mungkin hadir sebagai ayah yang pendiam.

Jika seorang anak perempuan tidak memiliki ibu, mungkin sulit bagi ayah membesarkan anak seorang diri. Sifat seperti ini mungkin disebabkan karena dia bekerja terlalu lama dan jauh dari anaknya. Tapi, bisa juga karena dia memang tidak mau berusaha atau tidak tahu cara membesarkan anak perempuan.

Klik NEXT untuk tahu 4 tipe ayah 'toxic' lainnya ya, Bunda.

Simak juga cara mendidik anak agar tak jadi korban bullying, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner istri mensos
5 Tipe Ayah Toxic dalam Mendidik Anak Perempuan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi