parenting

Doa dan Amalan Orang Tua agar Anak Nurut Serta Mudah Diatur

Ratih Wulan Pinandu Sabtu, 19 Oct 2019 12:01 WIB
Doa dan Amalan Orang Tua agar Anak Nurut Serta Mudah Diatur caption
Jakarta - Memiliki anak yang penurut, menjadi dambaan orang tua. Itu sebabnya, sedari kecil sudah diajarkan berbagai hal baik agar anak-anak tidak durhaka kepada orang tua.

Selain kebiasaan dan pola pendidikan yang baik, satu hal yang tidak bisa ditinggalkan adalah doa. Sepakat ya, Bun, kalau doa memiliki kekuatan luar biasa dalam menuntun kita mendidik anak.

Belajar dari pendiri Pesantren Yanbu'ul Quran, Kiai Arwani dalam mendidik anak-anaknya, ternyata ada amalan yang biasa dia kerjakan setiap selesai habis salat. Melansir laman NU Online, pendiri pesantren yang terletak di Yogyakarta ini membagikan doa untuk orang tua amalkan.


"Rabbana hab lana min azwajina wa dzurriyatina qurrata a'yunin waj'alna lilmuttaqina imama."

Artinya: Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami, istri-istri kami, dan keturunan-keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.

Penting untuk diingat, Bun, doa tersebut dibaca Arwani Amin tiga kali setiap selesai salat. Selain amalan di atas, beberapa sumber menyebut kalau sebagian ulama juga menganjurkan beberapa amalan yang mudah dilakukan nih, Bun.

Doa dan Amalan Orang Tua agar Anak Nurut Serta Mudah DiaturDoa agara anak nurut/ Foto: iStock

Pertama, ayah dan bunda membaca Alfatihah, ayat Kursi, lalu dilanjutkan dengan surat Al-Insyirah dan surat Toha (1-5). Setelah selesai semuanya, lalu tiupkan pada anak yang sedang tidur.

Sementara itu, Ustaz Ahmad Zahrudin M. Nafis menyarankan untuk mengamalkan ajaran Nabi Muhammad. Ada doa yang dianjurkan untuk dibacakan di telinga anak.

"Mohon maaf buat orang tua yang merasa anaknya nakal, sulit diatur, sulit dikendalikan, atau bengal. Ini doa yang dibaca, dibaca di telinganya. Terserah apa pas anak masih melek, atau kalau susah dan enggak mau doa dibacakan saat anak sedang tidur. Setiap hari dibaca pelan-pelan dan sungguh-sungguh anak jadi saleh, dan mudah diatur, jadi anak yang menyenangkan orang tuanya," ungkap Ahmad dikutip dari kanal YouTube miliknya.

Adapun doa yang dibaca yaitu surat Al Imron ayat 83 yaitu, "Afaghayra dini llahi yabghuna walahu aslama man fis samawati wal ardi taw'an wakarhan wailayhi yurja'un."

Artinya: Maka apakah mereka mencari agama yang lain dari agama Allah, padahal kepada-Nya-lah menyerahkan diri segala apa yang di langit dan di bumi, baik dengan suka maupun terpaksa dan hanya kepada Allah lah mereka dikembalikan.

Semoga bermanfaat!

Bunda, lihat juga cara mengenalkan konten agama pada anak dari tayangan berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi