sign up SIGN UP search


parenting

Mengenal A2, Kandungan Susu Sapi yang Baik Untuk Pencernaan Si Kecil

Hilda Irach Jumat, 11 Dec 2020 19:58 WIB
Baby 2 years old drinking milk caption

Susu menjadi pilihan nutrisi yang diberikan orang tua untuk buah hatinya. Rutin minum susu akan menjaga kebutuhan kalsium dan protein harian si kecil terjaga. Namun, beberapa anak seringkali mengalami kembung dan sakit perut setelah minum susu. Nah, ada jenis susu sapi tertentu yang lebih baik untuk tubuh manusia lho, Bunda, yaitu susu A2.

Perlu diketahui, susu sapi yang biasa diminum mengandung dua jenis protein.Yaitu beta casein A1 dan A2. Melansir dari Healthline, jumlah laktosa dalam susu A1 dan A2 sama. Namun, beberapa orang merasa bahwa susu A2 menyebabkan kembung lebih sedikit daripada susu A1.

Susu A2 merupakan susu yang dihasilkan dari sapi khusus yang hanya menghasilkan A2. Beberapa penelitian mengatakan, bahwa beta casein A2 ini lebih mudah diserap di pencernaan lho, Bunda. "Dapat mengurangi gangguan pencernaan yang ringan , sehingga si anak lebih nyaman," ujar dr. Ariani dalam Live Talk Instagram @buumiplayscape  pada Rabu, 10 desember 2020.


Sebagaimana kita ketahui, pada 1000 hari pertama kehidupan si kecil atau periode emasnya rentan pada gangguan pencernaan.  Padahal, pada masa ini anak lebih cepat tumbuh dan berkembang.

Saluran pencernaan  yang berfungsi sebagai pencerna dan penyerap, jika terganggu dan tidak berfungsi secara optimal, tentu akan mengganggu proses perkembangan si kecil nih, Bunda. "Si kecil juga tidak mendapatkan nutrisi secara optimal, sehingga proses perkembangan, perkembangan koginitif, serta pertumbuhan sudah pasti terganggu," imbuh Ariani.

Oleh sebab itu, sangat penting memperhatikan nutrisi yang diberikan ke anak, salah satunya melalui jenis susu yang dikonsumsinya. Terutama pada masa periode emasnya, Bunda pasti tidak ingin proses tumbuh kembangnya terganggu, Bukan? berikut penjelasan Ariani mengenai jenis susu dan cara mengonsumsi yang baik untuk si kecil!

Jenis  protein susu sapi

Di dalam susu mengandung sejumlah protein yang sangat penting untuk pertumbuhan anak. Terutama ketika si kecil istirahat atau sakit, protein berperan dalam hal perbaikannya.

Dalam susu umumnya mengandung  whey protein sebesar 20 persen dan kesein sebesar 80 persen. Kemudian terbagi lagi menjadi beta casein A1 dan A2.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa A1 beta-casein mungkin berbahaya, sedangkan A2 beta-casein adalah pilihan yang lebih aman. Susu A1 dan A2 mengandung berbagai jenis protein beta-kasein. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa susu A2 mungkin lebih sehat dari keduanya. 

Nah, beta casein A2 ini banyak diteliti akhir-akhir ini nih, Bunda. Berasal dari sapi khusus yang hanya menghasilkan A2. Di beberapa penelitian A2 terbukti lebih mudah di serap pencernaan.  Sehingga meminimalisir masalah gangguan pencernaan pada anak.

Untuk informasi selengkapnya mengenai susu A2 dan ada dalam produk apa saja, bisa Bunda baca selengkapnya di halaman selanjutnya.

Nah, simak juga yuk 2 kandungan susu sapi yang baik untuk anak dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner istri mensosFoto: HaiBunda



Mengenal A2, Susu Sapi yang Baik Untuk Pencernaan Si Kecil
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi