parenting

Kata Dokter tentang Anak Pilek yang Bisa Sembuh Sendiri

Asri Ediyati Minggu, 11 Aug 2019 15:31 WIB
Kata Dokter tentang Anak Pilek yang Bisa Sembuh Sendiri
Jakarta - Saat pilek, ada beberapa orang tua yang menganggap anak kena flu. Padahal flu sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh virus influenza. Sementara itu, pilek sebenarnya adalah mekanisme pertahanan tubuh anak yang belum memiliki fungsi bulu hidung yang optimal.

Menurut dr. Arifianto, Sp.A. dalam bukunya Berteman dengan Demam, flu yang disebabkan virus influenza menyebabkan demam tinggi. Artinya, jika anak kena flu, maka pileknya juga disertai dengan demam.

Namun, di sisi lain, pilek belum tentu gejala dari flu. Jadi anak tak perlu mengonsumi obat apalagi antibiotik.


Saat dihubungi HaiBunda, dr. Edi Setiawan Tehuteru, Sp.A(K), MHA, juga mengatakan demikian. Anak pilek belum tentu mengalami flu, malah bisa saja mengalami alergi.

"Kalau alergi, tergantung penyebabnya, kalau alergi dingin dia pagi ingusan, kalau siang, matahari keluar ya berhenti sendiri. Kalau penyebabnya bisa dihindari, pileknya akan berhenti sendiri. Kalau musim hujan, dingin kan, bisa saja pilek terus," ujarnya.

Ilustrasi anak pilek/ Ilustrasi anak pilek/ / Foto: iStock
Orang tua juga seringkali memusingkan obat untuk penyembuhan pilek pada anak. Edi menyarankan, orang tua perlu tahu dahulu penyebabnya. Jadi untuk kesembuhan anak dari pilek jangan tergantung ada atau tidaknya obat.

"Jadi bukan ada tidaknya obat melainkan ada atau tidaknya penyebab," kata Edi.

Kesimpulannya, jika anak pilek disebabkan oleh alergi, maka hindari hal-hal yang menjadi pencetus alergi. Akan tetapi, jika pilek memang disebabkan oleh infeksi virus, biasanya akan sembuh total perlahan dalam 7 - 10 hari. Hal ini karena, menurut Apin (sapaan akrab Arifianto) sebagian besar infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) merupakan self-limiting disease (penyakit yang sembuh dengan sendirinya).

Simak juga cara membuat obat batuk pilek tradisional di rumah.

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi