sign up SIGN UP search


parenting

7 Obat Sariawan Rumahan untuk Anak

Melly Febrida Minggu, 17 Jan 2021 14:45 WIB
Mother giving syrup with syringe to her cute little son caption

Jakarta - Orang dewasa saja merasa tak nyaman ketika sariawan, apalagi bayi atau anak-anak ya, Bunda. Ketika sariawan, sama saja seperti luka di mulut. Bunda pun bisa menggunakan obat sariawan rumahan pada anak, tapi jangan pernah mencoba pengobatan rumahan apa pun untuk bayi di bawah usia enam bulan.

Dikutip Baby Center, sariawan di mulut akan terlihat putih atau kuning pucat, meskipun area di sekitarnya mungkin terlihat merah atau bengkak. Anak bisa terkena satu sariawan atau beberapa sekaligus lho, Bunda. Meski umumnya sariawan tak terlalu menyakitkan, tapi anak kecil bisa merasa tidak nyaman.


"Sariawan bisa membuat bayi rewel dan bisa menyebabkan iritasi saat menyusu," kata Dr Fadel Husrom, ahli pediatri, dikutip Mom Junction.

Menurut Husrom, sariawan biasanya tidak serius dan dapat dirawat dengan obat yang ada di rumah. Kalau si Kecil kurang dari enam bulan, konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat rumahan.

"Ulkus mulut sering terjadi dan cenderung hilang dengan sendirinya. Jika mencurigai ada yang tidak beres dengan luka di mulut bayi, maka jangan ragu untuk menemui dokter. Diagnosis dan pengobatan yang tepat waktu dapat membantu menentukan penyebab pastinya," kata Husrom.

Berikut beberapa obat sariawan anak yang bisa diperoleh di rumah:

1. Kunyit: Karena kunyit diketahui memiliki sifat anti-inflamasi, anti-septik, dan anti-bakteri, diyakini bermanfaat dalam meredakan sariawan. Untuk mempermudah pengaplikasiannya, campurkan dengan madu

2. Minyak kelapa: Asam laurat dalam minyak kelapa dikatakan efektif dalam menyembuhkan sariawan. Namun, kemanjuran dan keamanannya pada bayi masih belum banyak diteliti.

3. Yogurt: Yogurt dan buttermilk menenangkan sariawan dan meredakan bayi.


4. Basil: Mengunyah basil adalah obat bagus lainnya untuk sariawan. Daunnya mengandung khasiat obat dan bisa menyembuhkan sariawan dalam sekejap. Daun basil harus dikunyah bersama dengan air hangat dua kali sehari agar segera terlihat hasilnya.

5. Madu: Madu memiliki khasiat menenangkan, serta sifat anti mikroba yang hebat, yang akan menyembuhkan luka dengan cepat. Oleskan ke area yang terkena beberapa kali. Tetapi jangan memberikan madu kepada bayi di bawah usia 12 bulan karena dapat menyebabkan botulisme.

6. Lidah buaya: Daging buah dan jus lidah buaya dapat membantu menenangkan jaringan yang teriritasi. Namun, jangan gunakan tanpa konsultasi dengan dokter anak. 

Daunnya bisa mengurangi rasa sakit, lalu sifat anti-bakteri serta penyembuhannya berkontribusi pada kesehatan gusi. Bunda bisa mengoleskan gel pada area yang terkena atau mencampurnya dengan air dan menggunakannya sebagai bilasan tiga kali sehari untuk hasil yang luar biasa. 

Kalau Bunda memilih opsi terakhir, pastikan untuk menggunakan air dingin untuk mencampurnya dengan gel. Ini meredakan rasa sakit dan anak-anak juga akan menyukainya.  

7. Daun Kari: Daun kari memiliki khasiat anti-bakteri dan anti-jamur. Sehingga mengunyah sesendok daun ini dapat membantu menyembuhkan sariawan pada anak.

Simak juga ciri sariawan pertanda kanker mulut yang perlu diwaspadai, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner GKR BendaraFoto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari
(kuy/kuy)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!