sign up SIGN UP search


parenting

Tips Atasi Bayi 9 Bulan yang Mogok MPASI, Awali dengan Jangan Stres

Tim HaiBunda Selasa, 26 Jan 2021 10:39 WIB
Ilustrasi MPASI, ilustrasi GTM caption
Jakarta -

Masih dalam tahap MPASI 9 bulan tapi Si Kecil sudah mogok makan alias Gerakan Tutup Mulut (GTM), Bun? Tenang, Bunda tidak sendiri kok menghadapi masalah ini. Tahap awal yang harus Bunda lakukan adalah jangan stres dulu.

Lalu ketahui penyebab mengapa bayi usia 9 bulan menolak MPASI. Perlu Bunda ketahui bahwa jika bayi 9 bulan Bunda mogok MPASI, hal ini mungkin disebabkan karena mereka tidak menyukai tekstur dari makanan yang diberikan. Masalah ini sangat wajar dan bisa dibilang kebanyakan memang alasan inilah yang dialami bayi 9 bulan.

Kemudian perhatikan juga pola pemberian makan Bunda kepada Si Kecil. Dikatakan Dr.dr.Aryono Hendarto, Sp.A (K) selaku Kepala Departemen Ilmu Kesehatan Anak RSCM, anak yang GTM atau mogok makan biasanya dimulai dari suasana makan.


"Makan itu interaksi antara anak dengan si pemberi makan, anak juga yang menentukan kapan dan berapa banyak makanan yang masuk, dan suasana makan harus nyaman, tidak boleh stres. Karena begitu stres, GTM timbul," ujar dr.Aryono ketika menjadi narasumber dalam Webminar HaiBunda beberapa waktu lalu.

Tips Membuat Si Kecil Makan MPASI 9 Bulan

Setelah memperhatikan suasana dan cara makan, perhatikan juga beberapa hal berikut untuk mengatasi GTM pada bayi 9 bulan ya, Bun;

1. Gunakan nampan besar dan letakkan makanan mereka di atasnya

Langkah ini mungkin akan terkesan kotor dan berantakan. Akan tetapi perlu Bunda tahu bahwa membantu bayi menyentuh makanannya sendiri akan membuat bayi lebih tertarik dengan makanan padat.

Close up of a mother feeding her baby in high chairIlustrasi MPASI/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Ivanko_Brnjakovic

2. Dukung Si Kecil untuk menyentuh makanan

Selanjutnya dukung dan ajak terus Si Kecil untuk mulai menyentuh MPASI 9 bulan yang sudah Bunda siapkan. Ingat dukung dan ajak, jangan memaksanya. Demonstrasikan bahwa makanan ini bisa diambil dan dimakan.

Bunda bisa mengajaknya bercanda dan jangan khawatir jika Si Kecil menggunakan makanan mereka sebagai mainan. Makin antusias Si Kecil memegang makanan dan berinteraksi dengannya, maka makin besar langkah Bunda menuju kesuksesan.

3. Berikan makanan keras untuk meningkatkan sensor

Salah satu makanan keras yang bisa Bunda berikan pada Si Kecil adalah wortel. Ya, Bunda bisa membawa wortel saat waktu makan tiba. Akan tetapi wortel setengah matang kukusan yang masih keras ini tentu tidak digunakan untuk dimakan. Ia hanya berperan untuk membantu merangsang anak menggigit, mengunyah, dan menggerakkan lidah.

Nah, demikian tips untuk makan MPASI 9 bulan. Semoga bisa langsung Bunda praktekkan dan berhasil ya. (PK)

Simak juga video berikut mengenai menu MPASI pengganti salmon

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Deva RachmanFoto: Mia Kurnia Sari



(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi