sign up SIGN UP search


parenting

Ajari Si Kecil Permainan Bola di Rumah, Ini Manfatnya Bunda

Erni Meilina Selasa, 26 Jan 2021 16:44 WIB
cute infant baby crawling on the floor at home, playing with colorful balls caption

Bermain adalah salah satu aspek terpenting dalam kehidupan seorang anak lho, Bunda. Kenapa? Sebab, dengan bermain ternyata anak-anak dapat  belajar berpikir kreatif dan berinteraksi secara sosial.

Melalui permainan, anak-anak dapat berkembang secara fisik dan menemukan banyak keterampilan emosional, serta anak-anak belajar bagaimana memproses dunia. Singkatnya, bermain sangat penting untuk perkembangan anak Bunda.

“Bermain adalah cara anak-anak belajar,” kata dr. Tiff Jumaily, seorang dokter anak di Integrative Pediatrics and Medicine Studio City di Los Angeles, dilansir Health Line.


Terlebih lagi, menurut sebuah studi tahun 2012, bermain bisa mengurangi stres.

“Secara keseluruhan, bermain dikaitkan dengan respons yang memfasilitasi pembelajaran dan menghilangkan stres,” tambah Jumaily.

Manfaat bermain bola

Salah satu mainan yang mempunyai banyak manfaatnya adalah bola. Permainan bola meningkatkan keterampilan motorik anak, koordinasi tangan-mata, dan pengaturan waktu, yang merupakan bagian penting dari perkembangan balita. Keterampilan yang dipelajari anak-anak dengan bermain bola juga akan menjadi penting setelah mereka lulus ke permainan kolaboratif dan kompetitif.

Bunda bisa mengenalkan permainan bola pada Si Kecil sejak dini karena bola dapat memperkuat keterampilan motorik dan membiasakan Si Kecil dengan lingkungannya.

Sejak awal, bayi tertarik pada hal-hal yang menggelinding. Si Kecil akan terpesona oleh gerakan bola yang terus menerus. Bola memungkinkan anak-anak merasa mengendalikan sesuatu selain gerakan mereka sendiri. Mereka membantu membangun keterampilan, keseimbangan dan memungkinkan anak-anak kecil untuk berlatih mentransfer objek dari satu tangan ke tangan lainnya.

Menggulirkan bola ke depan dan belakang adalah cara untuk membangun ikatan sosial antara dua orang, yaitu baik antara Bunda dan Si Kecil, atau Si Kecil dan saudara kandung atau teman bermainnya. Permainan bergilir ini juga merupakan pengantar konsep sebab dan akibat.

Balita akan senang menemukan kemampuan bola dan berbagai efek memantul, menggulung, melempar, dan menendangnya. Bola akan tetap menjadi mainan yang menghibur saat anak Bunda beralih dari permainan mandiri dan permainan paralel ke permainan kolaboratif, yang sangat penting dalam mengembangkan keterampilan sosial, seperti belajar cara berbagi, cara mengikuti aturan, dan cara bernegosiasi.

Pilih bola yang tepat

Meskipun permainan bola biasanya seperti bola basket, bisbol, dan sepak bola, tapi ada sejumlah permainan dan aktivitas lain yang bermain dengan bola, terutama dengan anak prasekolah lho, Bun. Dikutip dari Very Well Family, ini dia aktivitas bermain dengan bola yang dapat dilakukan oleh anak prasekolah baik dalam ruangan atau luar ruangan.

Bermain bola dalam ruangan

Roll it : Semua jenis bola bisa digunakan di sini, tetapi jika Bunda memiliki anak yang lebih kecil, pertimbangkan untuk menggunakan bola yang dibuat dengan bahan lembut yang ukurannya paling tidak pas di tangannya. Duduk di bawah saling berhadapan dan posisikan kaki Bunda terbuka di depan Bunda sehingga saling bersentuhan, yang seolah-olah menciptakan gawang untuk bola. Gulung bola ke depan dan ke belakang. 

Keep it up : Bola pantai atau balon adalah yang paling cocok untuk game ini di mana objeknya adalah menjaga bola tetap di udara. Jika Bunda memainkan game ini di dalam ruangan, pastikan untuk membersihkan ruangan dari barang pecah belah dan untuk menetapkan batas yang jelas di mana Bunda ingin game tersebut dimainkan. Variasi lain adalah dengan mengempiskan bola pantai sedikit dan kemudian meminta Si Kecil menghitung berapa lama bola tersebut jatuh ke tanah. 

Warnai : Jika Bunda memiliki bola pantai cadangan yang tergeletak di sekitar atau bola yang membutuhkan sentuhan seniman, serahkan beberapa spidol yang bisa dicuci kepada Si Kecil dan minta dia menghiasnya. Perhatikan bahwa spidol yang bisa dicuci akan terlepas dari anak Bunda, tetapi belum tentu bolanya, jadi pastikan Bunda tidak keberatan jika karya seni itu permanen.

Bowling : Bunda tidak membutuhkan gang untuk memainkan game knockdown ini. Cukup atur sepuluh atau kurang, botol soda kosong berfungsi paling baik, Bunda juga dapat menggunakan balok atau bahkan buku. Posisikan Si Kecil beberapa meter dari botol yang sudah disusun dan minta mereka menggelindingkan bola.

Bermain bola luar ruangan

Follow directions : Meskipun Si Kecil kemungkinan akan mengalami masalah dengan permainan sepak bola formal, Bunda masih dapat memainkan permainan bola yang serupa. Berdirilah di "gundukan kendi", sekitar 1 sampai 3 meter dari Si Kecil. Gulingkan bola ke arah Si Kecil dan kemudian lompati, tendang, gulung kembali, dan lain sebagainya. Setelah Si Kecil melakukan apa yang Bunda katakan, minta dia lari ke base pertama.

Pertahankan (Foot Style) : Seperti yang disebutkan di atas, cobalah untuk menjaga bola di udara selama yang Bunda bisa, tapi kali ini, hanya gunakan kaki Bunda ya.

Towel Toss : Ambil dua handuk dan berlatihlah melempar dan menangkap bola ringan di antara Bunda menggunakannya. Si Kecil mungkin mengalami masalah dengan permainan ini pada awalnya, tetapi Bunda pasti akan bersenang-senang dengannya kemudian.

Say It : Bagus untuk grup yang lebih besar, tetapi dapat bekerja hanya dengan dua orang. Posisikan semua orang dalam lingkaran atau dalam kasus berpasangan, saling berhadapan. Bergantian menyebut kategori, seperti warna, rasa es krim, nama, dan lain sebagainya. Sebelum Bunda saling melempar bola, pelempar harus menyebutkan sesuatu dari kategori tersebut.

Keep Awau : Cocok untuk tiga orang atau lebih, idenya adalah menjauhkan bola dari satu pemain dengan cara melempar bola ke orang lain atau berlari dengannya. Jika Bunda bermain dengan Si Kecil, perlu diingat bahwa tingkat frustrasinya bisa tinggi di sini. Pastikan anak kecil tidak terjebak di sebagian besar waktu.

Melalui Ring : Jika Bunda memiliki hula hoop tergeletak di sekitar, gunakan hula hoop. Baringkan mereka di tanah dan lihat apakah Si Kecil dapat memantulkan bola menjadi satu atau dua atau minta satu orang memegang ring dan meminta yang lain untuk melempar bola. 

Simak juga video cara membuat perut Bunda rata dengan bola pilates berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi