sign up SIGN UP search


parenting

6 Cara Membentuk Ikatan Batin dengan Bayi Sejak Dini, Bunda Perlu Tahu

Zika Zakiya Minggu, 31 Jan 2021 16:30 WIB
Ilustrasi makanan pelancar ASI caption
Jakarta -

Selamat! Akhirnya Bunda memasuki fase baru dalam hidup dengan menjadi seorang ibu. Bahagia sudah pasti ya.

Tapi, bukan hal mudah lho jadi seorang ibu. Tak seperti yang Bunda bayangkan, ada di media sosial, atau pun cerita-cerita roman. Menjadi orang tua adalah proses pembelajaran seumur hidup. Setiap fase tumbuh anak akan mengajarkan hal baru pada Bunda. Dan, semua itu dimulai sejak mereka masih bayi.

Menjalin ikatan dengan bayi tidak otomatis dimiliki semua ibu. Rasa lelah habis melahirkan, kurang tidur karena harus menyusui, dan ucapan orang sekitar, bisa membuat Bunda merasa jauh dari Si Kecil.


Singkirkan semua faktor eksternal dan cobalah fokus pada Si Kecil ya, Bunda. Buatlah ikatan sejak awal dengannya agar bisa memahami dia lahir dan batin. Di fase ini, baiknya Bunda mencari lebih banyak informasi seputar tips parenting untuk membantu.

Penny Warner, dalam buku 365 Tips Mengasuh Bayi, memberi enam langkah awal agar Bunda bisa menjalin ikatan tersebut, di antaranya:

1. Peluk
Cara terbaik untuk memulai proses pertalian adalah dengan memeluk bayi sesering dan selama mungkin yang Bunda inginkan.

2. Pandang dia
Lakukan kontak mata dengannya. Perhatikan bagaimana matanya menatap mata Bunda. Pada awalnya, dia mungkin tertarik dengan garis rambut Bunda karena terlihat kontras. Tapi lama-kelamaan dia akan menatap Bunda dengan penuh cinta. Duh, meleleh deh lihatnya. 

Untuk membantu Si Kecil fokus, cobalah kedipkan dan gerakan mata Bunda. Aih, jadi makin sayang melihatnya!

Ilustrasi bayi perempuanIlustrasi menjalin ikatan batin dengan bayi/ Foto: Getty Images/iStockphoto/ideabug

3. Menyusui
Jika memungkinkan, beri ASI Si Kecil atau gendong setiap kali memberikannya susu formula. Ini akan memperkuat bonding antara Bunda dengannya.

Tatapan matanya lalu sentuhan tangan Bunda di kepala, tangan, dan telinga, akan membangun bonding ini. Bahkan bukan tidak mungkin Bunda tergoda untuk menciumnya, aroma tubuhnya ngangenin lho, Bun!

Ada tiga tips lagi untuk mendekatkan diri Bunda pada Si Kecil. Lihat di HALAMAN SELANJUTNYA ya, Bun.

Simak juga video berikut, tentang gaya parenting Susy Susanti dan Alan Budikusuma yang membebaskan anak memilih jalur kariernya sendiri.

[Gambas:Video Haibunda]

Banner para mualafFoto: Mia Kurnia Sari
Tips membentuk ikatan batin ibu dan bayi
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi