sign up SIGN UP search


parenting

2 Doa Sebelum Belajar yang Mudah Diajarkan pada Si Kecil, Coba Yuk!

Nanie Wardhani Senin, 19 Apr 2021 10:21 WIB
Middle eastern mother helping her child with homework. caption

Jakarta - Bunda, mengajari anak mengenal agama bisa dilakukan dengan berbagai cara kreatif ya. Salah satunya membiasakan anak untuk berdoa sebelum belajar

Hal ini tentunya selaras dengan ajaran Islam kan, Bunda, di mana kita diajarkan untuk berdoa terlebih dahulu sebelum melakukan berbagai macam kegiatan atau aktivitas. Mulai dari makan, berpakaian, hingga berdoa sebelum belajar.

Bunda bisa memberitahu pada anak, berdoa adalah cara kita sebagai hamba menunjukkan kerendahan dan ketidakmampuan diri di depan Allah SWT. Berdoa juga sebagai salah satu bentuk usaha kita dalam meraih keberhasilan selain berikhtiar.


Hal ini yang menjadi alasan mengapa anak-anak perlu berdoa sebelum dan sesudah belajar, berlaku juga dalam menuntut ilmu. Lewat doa yang dipanjatkan, Si Kecil diharapkan bisa mendapatkan rida, berkah, dan restu dari Allah SWT agar mampu menangkap dan memahami materi pembelajaran yang diajarkan.

Gadis Aceh dinikahi Polisi TurkiGadis Aceh dinikahi Polisi Turki/ Foto: Mia Kurnia Sari

Mengajarkan Si Kecil Berdoa Sebelum Belajar

Sejak dini, Bunda memang sebaiknya sudah mengajarkan beragam doa pendek pada anak-anak. Pilihlah doa yang bisa dibaca sebelum mereka mulai melakukan aktivitas atau kegiatan. Seperti salah satunya adalah berdoa sebelum belajar. Dengan mengajarkan doa-doa kepada anak-anak sejak mereka kecil, diharapkan saat dewasa nanti mereka akan terbiasa dan melakukannya.

Mengajarkan doa kepada Si Kecil harus secara rutin. Mereka juga membutuhkan figur yang dapat dijadikan contoh. Oleh karena itu, sebaiknya Ayah dan Bunda harus selalu mendampingi Si Kecil dalam belajar berdoa atau menjadi contoh bagi mereka secara terus menerus.

Bila Bunda atau Ayah tidak dapat terus menerus mendampingi mereka, Si Kecil dapat diberikan rekaman doa-doa yang harus dibaca ketika akan memulai aktivitas atau kegiatan. Bisa juga dengan menempel lafaz doa di tempat-tempat tertentu yang berhubungan dengan kegiatan yang akan dilakukan. Misalnya, untuk berdoa sebelum belajar lafaz doanya bisa ditempel pada meja belajar.

Bekali juga Si Kecil dengan buku-buku yang berisi kumpulan doa atau amalan yang dapat dilakukan sebelum, selama, dan sesudah belajar. Hal ini akan membuat mereka lebih lancar dalam menghafalkan doa-doa yang dimaksudkan.

Bunda jangan ragu-ragu untuk memuji atau memberikan apresiasi kepada buah hati setiap kali mereka berdoa sebelum belajar. Pastinya, mereka akan lebih merasa bersemangat dan tidak harus menunggu perintah untuk melakukannya.

Doa Sebelum Belajar

Doa sebelum belajar yang biasa diajarkan kepada anak-anak dari PAUD hingga SMP adalah :

“Rodliitu billaahi robbaa, wabil islaami diinaa, wabimuhammadin nabiyyaw warasuula, robbii zidnii 'ilmaa warzuqnii fahmaa”

Yang artinya : "Kami rida Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai nabi dan rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik."

Sedangkan doa sebelum belajar lainnya yang juga sering digunakan adalah :

“Robbi zidnii 'ilmaa warzuqnii fahmaa, waj'alnii minash-shoolihiin”

Yang kurang lebih artinya : “Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berikanlah aku rezeki akan kepahaman, dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang saleh.”

Kebanyakan, anak-anak hanya akan membaca doa tersebut selama di sekolah saja. Ini karena berdoa sebelum belajar ketika di rumah tidak dibiasakan. Padahal, selama niat kita untuk belajar, kita wajib memanjatkan doa terlebih dahulu kepada Allah SWT agar apa yang kita lakukan mendapat rida dan direstui serta diberi keberkahan oleh-Nya.

Nah, bunda jangan lupa ya untuk membiasakan si kecil berdoa sebelum belajar agar mereka dapat terbiasa hingga dewasa nanti. Jangan lupa, ajarkan juga mereka doa sesudah belajar yang bisa Bunda dapatkan di halaman berikutnya ya Bunda.

Bunda juga bisa melihat cara artis Carissa Putri mengenalkan Al-Qur'an pada anak seperti dalam video berikut: 

DOA SETELAH BELAJAR YANG BISA DIAJARKAN PADA SI KECIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi