sign up SIGN UP search


parenting

4 Jurus Ampuh Tingkatkan Nilai Test IQ Anak, Salah Satunya Banyak Baca

Nanie Wardhani Selasa, 27 Apr 2021 13:59 WIB
Emotion emoticons used by a psychologist during a therapy session with a child with an autism spectrum disorder. caption

Tes IQ atau Tes Intelligence Quotient seringkali dijadikan patokan untuk mengukur kecerdasan seorang anak. Makanya enggak heran kalau para orang tua berminat melakukan tes IQ pada anak untuk mengetahui minat dan bakat yang menonjol.

Ya, Bunda, para peneliti bergantung pada Tes IQ,  untuk mengukur apa saja yang diketahui oleh otak manusia dan seberapa cepat mereka bisa menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep sebab akibat.

Jika Bunda sudah pernah melakukan tes IQ pada Si Kecil dan hasilnya dinilai kurang baik, atau bernilai rendah, jangan khawatir dulu ya. Ternyata masih ada upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan nilai tes IQ yang sudah pernah didapat, lho, Bunda. 


Walau masih ada beberapa pihak yang memperdebatkan mengenai kemampuan meningkatkan nilai tes IQ, namun beberapa jurus ampuh ini bisa dicoba ya, Bunda:

Cara meningkatkan kecerdasan Tes IQ anak:

1. Bangun Kemampuan Pemecahan Masalah

Pertimbangkan untuk mengikuti coaching atau kursus online untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah. Dilansir Healthline, beberapa peneliti kembali menganalisa data dari program eksperimental yang dilakukan tahun 1980-an. Mereka menemukan fakta bahwa setelah seseorang menerima pelatihan pemecahan masalah secara kreatif, yang dilakukan seminggu sekali selama tiga tahun, nilai tes IQ mereka meningkat sebesar 15 poin dibandingkan dengan hasil dari tes IQ sebelumnya.

2. Coba Latihan di Tempat Kerja Berkonsep Emotional Intelligence

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa saat seseorang terlibat dalam program pelatihan yang berhubungan dengan Emotional Intelligence, maka terjadi peningkatan pada kemampuan mereka dalam hal: kerja sama tim, kemampuan mengendalikan konflik, peningkatan performa kerja, dan kepuasan bekerja secara umum .

3. Lebih Banyak Membaca

Membaca memberi kesempatan untuk memposisikan diri seseorang pada orang lain, baik itu karakter fiksi atau pun sungguhan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa membaca bisa meningkatkan kemampuan berfikir secara sosial, yang dianggap penting untuk meningkatkan empati.

4. Melatih Kegiatan Pemetaan Hubungan

Peneliti menemukan fakta bahwa jika seseorang berlatih mencari hubungan antara ide dan objek, tingkat kecerdasannya dalam segala hal juga meningkat. Pemetaan hubungan aktivitas ini termasuk:

- Membandingkan antara satu objek dengan objek lain
- Memetakan pola sebelum/setelah pada sebuah kejadian
- Menganalisa hal yang berlawanan
- Mencari hubungan antara hal-hal yang tidak berkaitan

Sebuah penelitian tahun 2016 menunjukkan bahwa para siswa yang berlatih hal seperti di atas, mengalami lonjakan pada nilai Wechsler Intelligence Scale for Children mereka.

Demikian beberapa hal yang bisa Bunda coba untuk meningkatkan nilai tes IQ Si Kecil ya Bunda, yuk coba dipraktikkan.

Walau banyak yang melakukan tes IQ pada anak-anak untuk mengukur kemampuan berfikir mereka, namun ternyata ada beberapa alasan yang perlu dipertimbangkan untuk tidak melakukan tes IQ pada anak-anak yang masih terlalu kecil lho, Bunda. Apa sajakah hal tersebut, yuk simak lengkapnya di halaman berikut.

Simak juga yuk curhatan seorang Bunda yang mengira anaknya aneh tapi ternyata cerdas luar biasa, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TIGA ALASAN AGAR TIDAK MELAKUKAN Tes IQ PADA ANAK YANG TERLALU KECIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!