sign up SIGN UP search


parenting

Kenali Parental Burnout, Kelelahan Bunda Mengasuh Anak Selama Pandemi

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Rabu, 10 Mar 2021 11:03 WIB
CARA MENGATASI PARENTAL BURNOUT
Stressed exhausted mother looking at camera feeling desperate about screaming stubborn kid daughter tantrum, upset annoyed mom tired of naughty difficult child girl misbehave yelling for attention caption

Tips manajemen emosi untuk cegah parental burnout

1. Mengatur rutinitas harian dengan membuat jadwal di tengah ketidakpastian untuk membantu ketenangan batin.

2. Menjaga lifestyle, termasuk makan sehat dan olahraga. Sebanyak 90 persen hormon senang itu ada di usus, jadi perhatikan yang dimakan agar bisa bahagia.

3. Latihan menyadari rasa emosi yang terjadi pada diri kita, mulai dari apa yang seringkali membuat kita reaktif. Contohnya, duduk sebentar menyadari perasaan, diam dulu, minum, atau beribadah sampai lumayan netral, baru kita bisa berpikir secara logik.


4. Sediakan waktu alone time atau me time untuk melakukan sesuatu yang Bunda senangi. Me time bukan sesuatu yang egois, tapi sebagai tanggung jawab terhadap diri kita untuk bisa berfungsi lebih baik sebagai ibu.

5. Perkuat support system yang positif untuk Bunda.

6. Eksplorasi indra-indra untuk membantu meregulasi emosi harian. Misalnya, mengonsumsi makanan kesukaan atau menggunakan aromaterapi untuk menenangkan diri. Apa pun yang bisa mengeksplorasi indra, dapat membuat perasaan bisa netral karena indra adalah pintu masuk untuk me-manage emosi kita.

(ank/som)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!