sign up SIGN UP search

parenting

Teh Hijau Bermanfaat untuk Anak Down Syndrome? Ini Kata Peneliti

Annisa Karnesyia Senin, 29 Mar 2021 12:23 WIB
Down Syndrome caption
Jakarta -

Pengobatan anakĀ down syndrome atau sindrom down masih terus diteliti. Belum lama ini, peneliti dari Belgia dan Spanyol menemukan bahwa ekstrak teh hijau memberikan manfaat luar biasa pada pengobatan anak down syndrome, Bunda.

Down syndrome memang belum diketahui penyebabnya. Kondisi ini terjadi saat seseorang memiliki salinan kromosom 21 tambahan sebagian atau keseluruhan.

Sebuah studi baru menemukan kemungkinan untuk mengurangi tingkat keparahan down syndrome saat masa kanak-kanak. Dilansir Study Finds, peneliti mengatakan bahwa ekstrak teh hijau dengan dosis rendah dapat mengurangi dysmorphology wajah pada anak-anak dengan down syndrome. Dysmorphology merupakan kondisi abnormal yang terjadi di struktur tubuh.


Banner skincare 7 artis anti-mahal

Menurut para peneliti, intervensi sejak dini adalah kunci keberhasilan penanganan dengan ekstrak teh hijau. Studi menemukan, anak-anak down syndrome yang menerima ekstrak teh hijau selama tiga tahun pertama kehidupan mengalami penurunan perubahan wajah yang signifikan.

Namun, hasil berbeda ditunjukkan pada anak yang usianya lebih tua. Mereka yang mengonsumsi ekstrak teh hijau dalam bentuk suplemen tidak memperlihatkan hasil serupa.

Lebih lanjut peneliti menjelaskan, adanya salinan kromosom 21 dapat menyebabkan kelainan genetik. Salinan tambahan ini dapat memicu kelainan ekspresi dari gen yang mengakibatkan cacat fisik dan intelektual.

Nah, salah satunya gen yang berpengaruh adalah DYRK1A. Gen ini bertanggung jawab untuk mengubah perkembangan otak dan tulang pada pasien down syndrome, Bunda.

Sementara itu, teh hijau mengandung senyawa atau antioksidan yang disebut EGCG atau epigallocatechin-3-gallate. Pada penelitian sebelumnya, ditemukan bahwa antioksidan alami ini dapat membantu meningkatkan protein yang mampu melawan kanker.

Peneliti mengatakan, EGCG juga memiliki kemampuan untuk menghambat DYRK1A. Ekstrak teh hijau dapat meningkatkanĀ fungsi kognitif pada orang dewasa muda dengan kondisi down syndrome.

Simak juga penelitian ekstrak teh hijau pada anak down syndrome di halaman berikutnya ya.

Simak juga cara tepat tangani anak demam, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

HASIL PENELITIAN TEH HIJAU DAN ANAK DOWN SYNDROME
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi