sign up SIGN UP search


parenting

Faktor Berat Badan Bayi Susah Naik, Harus Segera Diketahui Bun!

Rahmi Sarifa Kamis, 01 Apr 2021 13:20 WIB
Unrecognizable mother holding her newborn baby son in her arms, close up of legs and hands. caption

Bunda, tentunya perkembangan berat badan bayi menjadi perhatian utama sejak ia lahir ke dunia. Sebab ini merupakan salah satu indikator penting dalam tumbuh kembangnya, terutama di 1000 hari pertama kehidupan.

Di minggu pertamanya, bayi mungkin kehilangan berat badan lahir karena ia akan mengeluarkan cairan dan lemak-lemak yang melapisi tubuhnya selagi dalam kandungan Bunda. Namun, penurunan itu dikatakan normal jika tidak lebih dari 10% bb lahir.

Selanjutnya, di minggu kedua seharusnya berat badan bayi sudah kembali seperti ketika lahir. Jika tidak ada kenaikan, itu adalah peringatan bahwa ada sesuatu yang harus Bunda evaluasi segera, sebelum terjadi berlarut-larut.


Memang, ada banyak penyebab berat badan anak sulit naik. Dilansir dari ParentingFirstcry, inilah beberapa penyebab berat badan Si Kecil yang sulit naik. Yuk disimak ulasan berikut ini.

Ada masalah dalam proses menyusu

Untuk bayi baru lahir yang masih mengonsumsi ASI eksklusif, faktor pertama yang patut dicurigai saat bb tidak mengalami kenaikan adalah proses menyusu. Masalah tersebut bisa timbul karena hambatan dari payudara Bunda maupun Si Kecil. 

Masalah yang umum menyebabkan proses menyusu tidak optimal adalah pelekatan yang kurang tepat karena Si Kecil masih dalam tahap belajar menyusu.

Banner zaskia sungkar melahirkan

Kondisi yang tidak normal

Kondisi tidak normal ini bisa karena bentuk puting Bunda kurang sesuai untuk mulut Si Kecil, atau bisa juga karena bayi memiliki masalah tongue tie dan/atau lip tie yang mengganggu proses belajarnya. Bunda harus segera konsultasikan hal ini ke dokter spesialis anak atau konselor laktasi agar lekas tertangani.

Tanda proses menyusui tidak berlangsung optimal antara lain dapat dilihat ketika bayi menyusu sangat lama di payudara Bunda. Bisa jadi, ia belum merasa kenyang karena tidak mendapatkan ASI yang cukup. Bayi yang tidak kenyang juga biasanya lebih rewel.

Jika ASI tidak keluar dengan optimal, Bunda juga akan merasakan payudara Bunda selalu penuh dan lama kelamaan menjadi sakit karena produksi ASI menumpuk. Selain itu, jika saat menyusui puting Bunda terasa sakit, bisa jadi karena pelekatan mulut bayi ke payudara Bunda tidak tepat.

ASI adalah satu-satunya sumber makanan terbaik yang dibutuhkan bayi, jika tidak didapatkan secara optimal lewat proses menyusu, wajar saja jika berat badan bayi susah naik.

Bunda, simak juga tips memandikan bayi di video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



KAPAN BUNDA HARUS KHAWATIR SAAT BERAT BADAN BAYI SUSAH NAIK?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi