sign up SIGN UP search


parenting

Review Haibunda: Cloudy Fields Puzzle, Permainan yang Ajarkan Nilai Hidup pada Si Kecil

Zika Zakiya Kamis, 01 Apr 2021 13:19 WIB
Cloudy Fields Puzzle caption
Jakarta -

Puzzle bukan sekadar permainan. Game bongkar-pasang ini mengajarkan nilai hidup pada Si Kecil.

Demikian kesan yang bisa Bubun tangkap ketika mencoba permainan Cloudy Fields Puzzle dengan tema Summer Days. Tema ini merupakan bagian dari koleksi kedua Cloudy Fields Puzzle bersama dengan tema Beyond Gravity dan Snakes and Ladders.

Kenapa 'hanya' puzzle tapi bisa mengajarkan nilai hidup? Bisa jadi karena ukurannya yang cukup besar yaitu 50 x 70 cm dengan 1.000 keping puzzle. Bukan jumlah yang sedikit ya, Bun dan tidak bisa diselesaikan dalam sekali duduk.


Banner zaskia sungkar melahirkanFoto: HaiBunda/Mia Kurnia Sari

Jika Bunda mau mengajak Si Kecil menyelesaikannya, maka Bubun sarankan untuk menjadwalkan satu waktu tertentu dalam satu hari khusus untuk Cloudy Fields Puzzle. Misal: Bunda pilih waktu di sore hari selama satu jam untuk menyelesaikannya secara mencicil.

Ini mengajarkannya untuk menyelesaikan masalah yang ada dalam tempo waktu yang disiplin. Ia akan menanti kapan saatnya masalah yang kemarin belum selesai, untuk akhirnya dikandaskan.

Untuk penyelesaian puzzlenya, ajak Si Kecil untuk fokus mengerjakan satu persatu per kategori bentuk atau warna. Jangan diberi langsung segambreng ratusan keping puzzle. Sebab, itu hanya akan membuatnya bingung untuk memulai dari mana.

Jika dia bingung, maka dimulailah drama rengekan dan lantunan 'aku mau udahan' sepanjang waktu permainan. Hindari ini ya, Bun.

Cloudy Fields PuzzleCloudy Fields Puzzle/ Foto: Cloudy Fields Puzzle

Tujuan pengerjaan per kategori sebenarnya pun mengajarkan pada anak mengenai problem solving. Bahwa masalah itu jangan dilihat secara keseluruhan karena hanya akan membuat stres. Masalah itu sebaiknya dicacah per prioritas sehingga bisa diselesaikan dengan lebih mudah.

Terpenting buat Bubun saat mencoba menyelesaikan permainan ini dengan Si Kecil adalah kami bisa menjadi problem solver bagi satu sama lain. Sebab, tanpa Bubun sangka, Si Kecil bisa memberi potongan puzzle yang sedang Bubun cari. Begitu pun sebaliknya.

Nah, di sinilah bisa berkembang sebuah peran Bunda sebagai pemecah masalah. Bukan tidak mungkin jika peran ini dikembangkan, Bunda dan Si Kecil akan punya ikatan yang luar biasa kuat di masa ia besar kelak.

Namun, jika puzzle ini ingin dikerjakan oleh seluruh anggota keluarga pun sebenarnya tidak masalah. Karena dikatakan Devina Djuarsa dan Nicholas Johannes sebagai Founder Cloudy Fields Puzzle, bahwa ada konsumennya yang mengajak satu keluarga untuk main.

Mulai dari dari ibu sampai anak, semuanya penasaran. Sangat baik untuk membangun kebersamaan dalam keluarga terutama di masa pandemi yang menitikberatkan kegiatan di rumah.

Mengenai tema puzzlenya sendiri cukup menarik, Bun. Dikatakan Devina dan Nicholas, tema Summer Days mereka ambil dari kenangan masa kecil ketika ingin membeli makanan manis-manis yang dijual di pedagang kaki lima.

Untuk tema Beyond Gravity terinspirasi dari aspirasi bangsa Indonesia lewat Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) untuk suatu hari nanti dapat menjadikan misi antariksa sebagai prioritas. Sedangkan tema Snakes and Ladders diambil karena mereka ingin membawa kegembiraan masa kecil ketika bermain permainan tradisional.

"Ketika satu keluarga mempunyai tujuan yang sama untuk merakit puzzle, ada rasa kegembiraan yang terasa sekeluarga setelah menyelesaikannya. Selain itu, ada studi yang mengatakan bahwa ketika kita sedang fokus melakukan aktivitas yang menuntut konsentrasi, otak kita akan memberi respon serupa relaksasi." kata Nicholas pada HaiBunda.

Bunda yang ingin membeli Cloudy Fields Puzzle tersedia di berbagai E-Commerce ternama di Indonesia. Harganya mulai dari Rp495 ribu hingga paket puzzle seharga Rp1,4 jutaan.

[Gambas:Video Haibunda]



(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi