sign up SIGN UP search


parenting

Kenali Prader Willi Syndrome, Kondisi Langka yang Dialami Anak Oki Setiana Dewi

Annisa Karnesyia Minggu, 11 Apr 2021 15:40 WIB
Oki Setiana Dewi caption
Jakarta -

Putra bungsu Oki Setiana Dewi, Sulaiman Ali Abdullah, didiagnosis mengidap prader willi syndrome (PWS). Kabar ini disampaikan langsung Oki di akun media sosialnya, belum lama ini.

Sulaiman lahir pada 16 November 2020 dengan proses operasi caesar. Sesaat setelah lahir, Sulaiman diketahui harus masuk NICU karena ada masalah dalam adaptasi pernapasannya, Bunda.

Tak seperti ketiga kakaknya, suara tangisan Sulaiman juga tidak terdengar kencang. Sehari setelah lahir, Oki diberitahu bahwa anak bungsunya ini masuk NICU karena Transient Tachypnea of Newborn (TTN) atau gangguan pernapasan pada bayi baru lahir.


Empat bulan usia Sulaiman, Oki kini mengetahui sakit yang diidap putranya. Ia pun tak bisa menahan tangis, bukan karena tahu anaknya didiagnosis mengidap prader willi syndrome, tapi karena para dokter yang sudah menyemangatinya.

Banner nasi tak cepat basi

"Hari ini bertemu tim dokter yang akan menangani @sulaimanaliabdullah ke depannya. Hari ini airmata saya kembali menetes. Bukan karena Sulaiman dinyatakan mengidap prader wili syndrome , melainkan karena terharu karena kebaikkan Allah yang luar biasa," tulis Oki, dikutip dari Instagram, Jumat (2/4/21).

"Terharu karena Allah kirimkan dokter-dokter baik hati yang menyemangati saya dan menentramkan saya bahwa beliau-beliau ini mengatakan akan terus mendampingi saya dan Sulaiman ke depannya," sambungnya.

Anak Oki Setiana Dewi sakitAnak Keempat Oki Setiana Dewi/ Foto: Instagram @okisetianadewi

Prader willi syndrome merupakan kondisi langka yang memengaruhi bagian tubuh. Dilansir Web MD, prader willi syndrome dapat menyebabkan masalah fisik, seperti rasa lapar yang ekstrem, otot melemah, dan masalah pada proses belajar serta perilaku.

Hanya sekitar 1 dari 10.0000 hingga 30.000 orang di dunia mengalami kondisi ini. Sekitar 70 persen prader willi syndrome disebabkan karena perubahan genetik dari salinan kromosom 15 yang diwarisi ayah.

Lalu apa tanda anak mengidap penyakit langka prader willi syndrome? Baca halaman berikutnya ya.

Simak juga Joanna Alexandra membesarkan anak berkebutuhan khusus, dalam video Intimate Interview di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

TANDA ANAK DENGAN PRADER WILLY SYNDROME
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!