sign up SIGN UP search


parenting

Kenali Prader Willi Syndrome, Kondisi Langka yang Dialami Anak Oki Setiana Dewi

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Minggu, 11 Apr 2021 15:40 WIB
DETEKSI PRADER WILI SYNDOME
Anak Keempat Oki Setiana Dewi caption

Komplikasi Prader Willi Syndrome

Anak dengan prader willi syndrome akan mengalami rasa lapar yang konstan dan memiliki massa otot yang rendah. Kondisi ini membuat mereka membutuhkan kalori yang lebih sedikit dari rata-rata. Secara fisik, mereka juga tidak aktif.

Kombinasi dari masalah-masalah tersebut dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang berkaitan dengan obesitas, seperti:

- Diabetes tipe 2
- Tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan penyakit jantung
- Sleep apnea
- Risiko penyakit hati dan batu kandung empedu
- Gangguan produksi hormon
- Osteoporosis


Diagnosis selama hamil

Dokter biasanya dapat mendiagnosis prader willi syndrome pada bayi dengan tes darah, yakni analisis kromosom. Meski begitu, kondisi ini juga bisa diketahui sejak bayi dalam kandungan, Bunda.

Menurut sebuah laporan, analisis gerakan wajah sebagai respons terhadap rangsangan cahaya dan suara selama USG dapat membantu mendiagnosis prader willi syndrome pada bayi sebelum lahir. Demikian seperti dilansir laman Prader-Willi Syndrome News.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Acta Paediatrica ini membandingkan janin yang didiagnosis prader willi syndrome dengan janin yang tidak terpengaruh selama stimulasi cahaya dan suara menggunakan USG 4D.

Selama kehamilan, sindrom ini sebenarnya sudah bisa dideteksi. Wanita akan merasa gerakan janin berkurang, cairan ketuban berlebih, dan terhambatnya pertumbuhan intra uterus.

(ank/som)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!