sign up SIGN UP search


parenting

Imunisasi Ganda, Pilihan Vaksinasi untuk Lindungi Anak Selama Pandemi

Annisa Karnesyia Kamis, 29 Apr 2021 18:01 WIB
Imunisasi Anak caption
Jakarta -

Imunisasi anak selama masa pandemi COVID-19 tetap harus dilakukan sesuai jadwal, Bunda. Seperti kita tahu, imunisasi bisa mencegah anak tertular penyakit.

Selama pandemi, cakupan imunisasi di Indonesia memang mengalami penurunan. Hal ini disebabkan karena para orang tua takut membawa anaknya ke fasilitas kesehatan atau sebaliknya, tidak tersedia fasilitas memadai untuk imunisasi.

Menurut Prof.Dr.Cissy B. Kartasasmita, M.Sc, Ph.D, Sp.A(K), selama pandemi ini, terjadi disrupsi layanan kesehatan, termasuk imunisasi pada anak. Bila imunisasi tidak dilaksanakan, kita dapat menghadapi masalah baru yakni Kejadian Luar Bisa (KLB), Bunda.


"Anak tidak mendapat imunisasi karena orang tua takut, mereka lalu menjadi rentan dan KLB terjadi. Akhirnya generasi kita nantinya menjadi rentan," kata Cissy dalam acara Seminar Media Pekan Imunisasi Dunia via Zoom, Kamis (29/4/21).

Pemberian imunisasi selama masa pandemi COVID-19 harus tetap dilakukan. Agar lebih efektif, si Kecil bisa mendapatkan imunisasi ganda dengan vaksin kombinasi.

Imunisasi ganda merupakan pemberian lebih dari satu jenis vaksin dalam satu kali kunjungan, Bunda. Tujuannya agar anak mendapatkan perlindungan yang cepat tanpa perlu datang berulang kali ke fasilitas kesehatan.

Pemberian imunisasi ini telah terbukti aman ya. Bunda tak perlu khawatir karena imunisasi ganda tidak akan meningkatkan risiko KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi), seperti anak demam.

"Data ilmiah menunjukkan bahwa imunisasi ganda ini tidak akan menyebabkan masalah kesehatan di kemudian hari," ujar wanita yang menjabat Ketua Satgas Imunisasi PP IDAI ini.

Memberikan imunisasi dalam satu waktu memang bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Namun, cara ini terbukti efektif untuk efisiensi layanan ke fasilitas kesehatan.

"Rasa tidak nyaman hanya dirasakan dalam waktu singkat. Kalau diberikan pada bulan atau waktu berbeda, justru akan memberikan rasa tidak nyaman dua kali pada anak," kata Cissy.

Lalu bagaimana imunisasi ganda ini diberikan? Bagaimana pula aturan pemberiannya?

Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga efek samping vaksin, selain demam, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

ATURAN PEMBERIAN IMUNISASI GANDA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi