sign up SIGN UP search

parenting

Benarkan Anak Demam Setelah Imunisasi Adalah Reaksi Normal? Ini Kata Dokter

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Selasa, 19 Apr 2022 11:45 WIB
Imunisasi Anak caption
Jakarta -

Demam biasanya dialami anak usai menjalani imunisasi. Beberapa orang beranggapan, anak yang tidak demam justru tak mendapatkan manfaat imunisasi. Benar enggak ya, Bunda.

Demam adalah Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang dapat dialami anak usai vaksinasi. Menurut Ketua Satgas Imunisasi IDAI, Prof. DR. dr. Hartono Gunardi, Sp.A(K), KIPI setiap anak bisa berbeda, ada yang mendapatkan demam, ada pula yang tidak.

"KIPI dipengaruhi oleh reaksi tubuh terhadap antigen. Ada yang reaksi obat, ada yang psikologis," kata Hartono dalam acara Konferensi Pers Pekan Imunisasi Dunia 2022 di Hotel Manhattan, Kuningan, Senin (18/4/2022).


Demam tak bisa dijadikan patokan imunisasi bekerja dengan baik di tubuh anak ya, Bunda. Paling baik justru anak tidak mengalami demam atau KIPI apa pun setelah imunisasi.

Banner Nikita Willy Melahirkan

Hartono menegaskan, timbulnya kekebalan dalam tubuh seseorang tidak berhubungan dengan efek samping imunisasi. Kekebalan dari imunisasi dapat timbul tanpa munculnya efek samping atau KIPI demam.

"Lebih bagus kalau tidak demam. Jadi, timbulnya kekebalan dalam tubuh anak tidak berhubungan dengan timbulnya efek samping. Kekebalan bisa timbul sendiri tanpa efek samping," ujar Hartono.

"Jadi kalau pun timbul efek samping, itu biasanya ringan dan hanya sementara," sambungnya.

Menurut Hartono, bila Si Kecil tidak demam, bukan berarti imunisasinya tidak bereaksi. Reaksi imunisasi akan tetap bekerja tanpa atau dengan KIPI.

"Reaksi tetap bekerja, tapi efek yang tidak diharapkan itu tidak timbul. Itu harusnya alhamdulillah," ungkapnya.

Saat anak demam karena imunisasi, Bunda bisa memberikan parasetamol nih. Tapi, pemberian obat enggak boleh sembarangan ya. Selengkapnya bisa dibaca di halaman berikutnya.

Simak juga risiko anak yang tidak mendapatkan imunisasi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

fase-anak
Anak Usia 7-12 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 7-12 bulan. Cek Yuk arrow-right
PENANGANAN ANAK DEMAM USAI IMUNISASI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!