sign up SIGN UP search


parenting

7 Pekerjaan Rumah Tangga untuk Anak Laki-laki, Tak Perlu Malu Cuci Piring

Annisa Karnesyia Minggu, 30 May 2021 18:45 WIB
Aktivitas Anak caption
Jakarta -

MengenalkanĀ pekerjaan rumah tangga pada anak dapat membangun rasa tanggung jawab lho, Bunda. Tugas ini bukan cuma untuk anak perempuan, tapi juga anak laki-laki ya.

Pekerjaan rumah tangga buka suatu tugas khusus, melainkan bagian dari kehidupan yang akan ditemuiĀ anak saat dewasa. Untuk itu, Bunda perlu mengenalkan dan membiasakan anak melakukan pekerjaan rumah tangga.

Pertama-tama tentu jangan langsung melepasnya sendiri untuk melakukan tugas ini. Ayah atau Bunda perlu mendampingi dan memberikan penjelasan tentang pentingnya tanggung jawab melakukan pekerjaan rumah tangga.


Penelitian yang diterbitkan oleh University of Minnesota, menemukan bahwa pekerjaan rumah tangga yang dikenalkan saat usia dini berkaitan dengan kemandirian dan tanggung jawab. Anak-anak juga akan mudah membangun hubungan baik dengan teman dan keluarganya, Bunda.

"Studi tersebut diikuti lebih dari 80 anak. Ditemukan bahwa anak-anak yang mulai melakukan pekerjaan rumah lebih awal (sekitar usia 3 atau 4 tahun) cenderung memiliki hubungan yang baik dengan teman dan keluarga. Mereka juga sukses secara akademis dan karier dibandingkan anak yang tidak melakukan pekerjaan rumah saat masih kecil," kata psikolog Dr. Tamar Chansky, dilansir NBC News.

Saat mengenalkan anak dengan pekerjaan rumah tangga, jangan batasi pengetahuannya. Jangan karena si Kecil adalah anak laki-laki, dia boleh untuk tidak melakukan tugas ini.

Hampir pekerjaan rumah tangga bisa dikerjakan anak perempuan dan laki-laki. Mengutip berbagai sumber, berikut 7 pekerjaan rumah tangga yang bisa diajarkan untuk anak laki-laki:

1. Cuci piring

Mencuci piring dapat menjadi pekerjaan rumah tangga yang membosankan untuk anak laki-laki. Sebab, pekerjaan ini harus dilakukan secara berulang-ulang, Bunda.

Cobalah biasakan untuk tidak menganggap pekerjaan ini buruk di mata anak. Bunda juga perlu memastikan Si Kecil merasa nyaman dan bahagia selama mencuci piring. Berikan dia pujian atau sering katakan 'Terima kasih banyak ya kamu sudah bantu Bunda cuci piring sampai bersih'.

Untuk tahu aktivitas lainnya, baca halaman berikutnya ya.

Simak juga tips menemukan bakat dan minat anak menurut pakar, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

MENYIRAM TANAMAN HINGGA MEMBUANG SAMPAH
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi