sign up SIGN UP search


parenting

Rentan Muncul saat Cuaca Panas, Ini 7 Cara Mengatasi Biang Keringat pada Bayi

Kinan Selasa, 08 Jun 2021 13:06 WIB
Newborn baby crying in mother hands caption

Cuaca dan hawa panas rentan membuat bayi mengalami biang keringat. Jangan diabaikan, ini bisa membuat bayi jadi tak nyaman dan rewel. Bagaimana cara mengatasi biang keringat pada bayi, ya?

Dikutip dari Medical News Today, bayi memiliki kulit yang sensitif, sehingga mereka berisiko lebih mudah mengalami biang keringat dibandingkan orang dewasa. 

Biang keringat adalah peradangan kulit yang biasanya terjadi setelah kulit terpapar hawa panas. Ruam ini bisa terasa gatal dan membuat tak nyaman.


Kondisi ini muncul saat keringat terperangkap di bawah kulit. Karena bayi memiliki kelenjar keringat yang lebih kecil dan belum mampu mengatur suhu tubuhnya, mereka rentan mengalami iritasi. 

Umumnya biang keringat pada bayi terjadi karena memakai pakaian terlalu ketat atau paparan hawa panas. Bayi juga cenderung memiliki lebih banyak lipatan kulit, yang dapat memerangkap panas dan keringat.

Gejala dan diagnosis biang keringat pada bayi

Biang keringat dan ruam merah akibat iritasi lebih sering muncul di bagian lipatan kulit, seperti di leher, lipatan siku, lipatan lutut, dan selangkangan. Gejala biang keringat pada bayi meliputi:

  • Muncul ruam yang tampak memerah
  • Ada lepuh kecil-kecil pada area kulit yang luas
  • Kulit teraba hangat

Cara mengatasi biang keringat pada bayi 

Umumnya biang keringat pada bayi dapat hilang sendiri dalam hitungan hari, tapi ada beberapa cara yang dapat mempercepat penyembuhannya. Beberapa di antaranya yaitu:

1. Mandi dengan air sejuk

Biang keringat biasanya dapat mereda setelah hawa sekitar mulai sejuk. Nah, salah satunya cobalah dengan memandikan bayi dengan air sejuk atau tidak terlalu hangat.

Bersihkan kulit dengan lembut untuk membantu membuka pori-pori. Ini sangat penting, karena pori-pori yang tersumbat berkontribusi membuat biang keringat makin parah.

Pastikan Bunda mengeringkan kulit bayi dengan benar setelah mandi. Sebab kulit yang dibiarkan basah bisa teriritasi.

2. Kipas angin dan AC

Hindari keringat berlebih dan udara yang terlalu lembap. Ya, mengatur ventilasi udara menjadi sangat penting agar biang keringat dapat cepat membaik.

Jaga suhu kamar tetap sejuk dan tidak panas, misalnya dengan menggunakan kipas angin atau air conditioner (AC).

3. Kenakan pakaian yang tipis dan lembut

Sebisa mungkin, saat bayi biang keringat berikan ia pakaian berbahan tipis dan lembut. Hindari pakaian yang mengiritasi kulit bayi atau membuatnya lebih banyak berkeringat. 

Pakaian yang berbahan tipis umumnya lebih mampu menyerap kelembapan. Kondisi ini pun dapat membantu menyembuhkan kulit bayi lebih cepat tanpa membuatnya iritasi.

4. Kompres air sejuk

Kompres air sejuk dapat menenangkan kulit yang teriritasi. Gunakan handuk bersih dan rendam dalam air sejuk, lalu usapkan ke kulit bayi yang iritasi 

Cara ini bisa mengurangi rasa tak nyaman akibat iritasi biang keringat. Demikian dilansir Healthline.

5. Oatmeal

Oatmeal efektif dalam mengurangi gatal dan peradangan. Bahan ini pun bisa dijadikan sebagai obat rumahan untuk biang keringat dan sejumlah masalah kulit lainnya.

Masukkan 1-2 cangkir oatmeal ke dalam bak mandi berisi air suam-suam kuku, mandikan si Kecil dengan air oatmeal. Pastikan airnya tidak terlalu dingin agar bayi tetap nyaman ya, Bunda.

6. Losion kalamin

Losion kalamin atau calamine memiliki sejumlah manfaat bagi kulit, salah satunya karena mengandung seng oksida. Ini dapat membantu mengobati biang keringat dan menenangkan rasa gatal. 

Oleskan losion kalamin ke ruam menggunakan kapas. Gunakan kembali sesuai kebutuhan.

7. Krim hidrokortison

Krim hidrokortison juga bisa menjadi cara mengatasi biang keringat pada bayi. Namun supaya lebih aman, gunakan krim hidrokortison untuk bayi hanya berdasarkan resep dokter, ya.

Meskipun krim ini umumnya dapat digunakan untuk jangka pendek pada kulit bayi, hindari memakaikannya di bawah popok. Kebiasaan ini berisiko bisa semakin mengiritasi kulit.

Selama tidak ada komplikasi, biang keringat umumnya dapat hilang dalam waktu beberapa hari setelah memulai perawatan di rumah. Waktu yang diperlukan untuk menghilang bergantung pada seberapa parah ruam pada awalnya dan perawatan pendukung yang diterapkan.

Apabila iritasi akibat biang keringat justru memburuk dan semakin menyebar, jangan ragu segera cek ke dokter ya, Bunda.

(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi