sign up SIGN UP search


parenting

3 Langkah Mengajari Anak Membaca, Mulai dari Lagu Yuk

Meita Fajriana Senin, 28 Jun 2021 13:51 WIB
Anak beajar membaca caption

Jakarta - Mengajari anak membaca memang bukan pekerjaan mudah. Sebagai orangtua biasanya memiliki cara yang berbeda-beda dan menganggapnya sebagai cara yang benar untuk mengajarkan keterampilan penting ini kepada Si Kecil. Lantas apa saja yang harus Bunda ketahui saat akan mengajarkan anak membaca?

Melansir dari laman Readingeggs, belajar membaca bukanlah proses alami yang terjadi dengan sendirinya. Ini sangat kompleks yang membutuhkan pengajaran tepat dari berbagai keterampilan dan strategi, seperti phonics yaitu mengetahui hubungan antara huruf dan suara dan kesadaran fonemik.

"Kami tidak tahu pasti berapa banyak cara pengajaran membaca yang dibutuhkan setiap anak. Tapi kita tahu tidak ada anak yang terluka karena terlalu banyak mempelajarinya," kata Anders Rasmussen kepala sekolah Wood Road Elementary School di Ballston Spa, New York dikutip dari laman TheHechinger.


Kabar baiknya adalah bahwa meskipun membaca itu sendiri adalah proses yang kompleks, langkah-langkah yang diambil untuk membangun keterampilan ini cukup sederhana dan mudah. Untuk mengajari anak-anak membaca dan menjadikannya pengalaman yang positif dan bermanfaat, cobalah strategi sederhana berikut ini yuk Bunda.

Cara mengajari anak membaca

Cara mengajari anak membaca yang mudah dipraktikkan di rumah. Coba beberapa cara berikut ini:

1. Gunakan lagu dan sajak anak-anak untuk membangun kesadaran fonemik

Lagu anak-anak dan sajak anak-anak tidak hanya sangat menyenangkan, namun juga membantu mereka belajar membaca. Sajak dan irama juga membantu anak-anak mendengar suara dan suku kata dalam kalimat. Cara yang baik untuk membangun kesadaran fonemik adalah bertepuk tangan secara berirama dan melafalkan lagu secara serempak.

Aktivitas yang menyenangkan dan mengikat ini adalah cara yang fantastis bagi anak-anak untuk mengembangkan keterampilan literasi yang akan menyiapkan bisa membaca. Cara ini mudah dipraktikkan di rumah ya, Bunda. Apalagi jika Si Kecil masih dalam fase suka menyanyi nih.

Baca trik lainnya di halaman selanjutnya ya!

Simak juga yuk alasan Rinni Wulandari menyetop anak sekolah selama pandemi dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



LANGKAH-LANGKAH MENGAJARKAN ANAK MEMBACA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!