sign up SIGN UP search


parenting

Bunda, Ketahui Tanda dan Cara Atasi Masuk Angin pada Bayi

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 26 Jul 2021 15:04 WIB
Crying little baby in the arms of her mother in a living room. caption

Jakarta - Masuk angin memang dapat menyerang siapa saja dan kapan saja ya, Bunda. Meskipun tidak termasuk kategori penyakit parah, masuk angin membuat tubuh serba tidak enak, apalagi kalau hal itu dialami anak dan bayi. Hmm.. bisa-bisa Bunda jadi lembur deh mengurus si Kecil.

Ketika bayi masuk angin, biasanya mereka akan cenderung jadi rewel ya, Bunda. Hal itu wajar saja karena tubuh mereka sedang tidak terlalu enak. Perut yang kembung membuat mereka jadi tidak nyaman karena terlalu banyak angin di dalamnya.

Untuk Bunda yang baru saja memiliki buah hati, biasanya hal itu membuat panik. Apalagi, tingkat kerewelan bayi jadi lebih meningkat karena rasa tidak nyaman tersebut. Meski demikian, Bunda sebaiknya tidak perlu khawatir berlebihan. Karena, terlalu banyak angin ataupun gas merupakan bagian normal dari proses pencernaan.


Tanda-tanda yang biasa ditemukan pada anak yang masuk angin yakni buang angin berlebihan dan bersendawa. Beberapa di antaranya jadi lebih rewel dan tak jarang mengalami kram perut yang membuat mereka kerap menangis.

Gas berlebihan di perut bayi juga menyebabkan iritasi dan kegelisahan. Beberapa jadi cegukan terus-menerus dan tak jarang mengalami perut kembung. Bunda juga mungkin akan menemukan perut mereka jadi lebih keras daripada biasanya, seperti dikutip dari laman Evivo.

Bayi memang dilahirkan dengan sistem pencernaan yang belum matang. Hal itu membuat makanan yang mereka makan kurang dicerna dengan baik sehingga menyebabkan gas berkembang melalui usus. Itulah yang kemudian menyebabkan buang angin berlebihan.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video kisah Dr Lula Kamal yang merawat anak sambil menyelesaikan S2 di London:

[Gambas:Video Haibunda]



MENGATASI MASUK ANGIN PADA BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!