sign up SIGN UP search


parenting

Pilihan Obat Tipes Alami untuk Tingkatkan Rasa Nyaman Si Kecil

Kinan Senin, 19 Jul 2021 16:03 WIB
Sick child, toddler boy lying on the couch in living room with a fever, mom cheching his temperature, resting at home Ilustrasi obat tipes alami/ Foto: Getty Images/iStockphoto/tatyana_tomsickova

Demam tifoid atau tipes menjadi salah satu penyakit yang banyak menyerang anak-anak maupun orang dewasa. Adakah pilihan obat tipes alami yang amam dan efektif?

Dilansir Kids Health, demam tifoid (yang juga dikenal sebagai tifus atau tipes) adalah infeksi serius yang umumnya terjadi akibat lingkungan dengan sanitasi buruk. Tipes bisa datang tiba-tiba atau sangat bertahap selama beberapa minggu. 

Penyakit ini biasanya menyebabkan gejala umum seperti demam tinggi, muntah, sakit perut, dan nyeri di tubuh. Gejala-gejala ini dapat mulai muncul satu atau dua minggu setelah terpapar bakteri.


Ya, tipes disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Infeksinya dapat muncul akibat paparan dengan air atau makanan yang terkontaminasi. Jarang mencuci tangan juga bisa menjadi pemicu tipes.

Resep Baik Selama PandemiResep Baik Selama Pandemi/ Foto: Mia Kurnia Sari

Jika infeksi tidak diobati, pasien mungkin dapat mengalami penurunan berat badan, kembung, serta timbul ruam merah berbintik-bintik di dada bagian bawah atau perut bagian atas. Demikian dilansir Medical News Today.

Tanpa pengobatan yang tepat, tipes dapat berlangsung selama satu bulan atau lebih, dan menjadi sangat serius. 

Pilihan obat tipes alami untuk anak

Demam tifoid dapat diobati dengan antibiotik yang bekerja dengan membunuh bakteri. Penting untuk minum obat sesuai anjuran yang diresepkan dokter, bahkan jika anak sudah merasa lebih baik. 

Nah, untuk membantu meredakan gejala dan membuat si Kecil tetap nyaman, berikut pilihan obat tipes alami yang bisa digunakan:

1. Air putih dan buah segar

Bunda, jangan lupa berikan anak cukup asupan cairan untuk mencegah dehidrasi. Ini menjadi kondisi yang umum terjadi akibat tipes.

Selain utamanya dari air putih, cairan juga bisa didapat dari buah segar atau kuah kaldu homemade. Buah yang mengandung banyak air misalnya semangka, jeruk, dan apel.

Perlu diketahui bahwa salah satu efek dari tipes yakni diare, sehingga selain mencegah dehidrasi cairan juga dapat membuang racun lainnya dari tubuh. Jika si Kecil doyan makan buah, kandungan nutrisinya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi bakteri.

Jika perlu, Bunda dapat juga memberikan oralit rumahan dari gula, garam, dan air putih. Campurkan 1/2 sendok teh garam dan 6 sendok teh gula ke dalam 4 gelas air. Berikan larutan oralit pada anak selama beberapa kali dalam sehari.

2. Makanan lembut dan berkuah

Saat terkena tipes, sistem pencernaan anak tidak bisa bekerja maksimal. Jadi, jangan lupa berikan makanan yang bertekstur lembut dan berkuah. Misalnya seperti bubur dan sayur bening.

Pastikan masakan matang sempurna, untuk memastikan tidak ada kontaminasi lainnya.

3. Bawang putih

Bawang putih dikenal memiliki berbagai macam manfaat kesehatan dan bisa menjadi salah satu obat tipes alami. 

Bumbu masak ini mengandung antioksidan dan bertindak sebagai 'pembersih' darah, yang membantu ginjal membuang zat sisa dari tubuh.

Namun agar efeknya maksimal, bawang putih sebaiknya dikonsumsi mentah atau dimasak setengah matang. 

4. Kompres dingin

Anak yang terkena tipes biasanya memiliki gejala demam tinggi berhari-hari. Jadi, sangat penting bagi Bunda untuk menjaga suhu tubuh si Kecil tetap normal.

Salah satu langkahnya dengan memberikan kompres dingin, yaitu kain yang dibasahkan dengan air dingin, kemudian ditempelkan di dahi, ketiak, kaki, dan tangan anak.

Air yang digunakan dalam proses ini tidak boleh terlalu dingin dan kain harus diganti dari waktu ke waktu untuk hasil terbaik.

5. Tidur cukup dan jangan begadang

Saat tidur, sel-sel dalam tubuh melewati masa regenerasi. Proses ini pun sangat penting agar pemulihan bisa maksimal.

Maka dari itu, saat si Kecil kena tipes jangan lupa pastikan jam tidurnya teratur. Hindari dulu begadang, karena ini dapat menurunkan imun. Setop dulu juga kegiatan belajarnya, biarkan anak istirahat total agar tubuhnya dapat lebih cepat pulih.

6. Buah delima

Delima adalah salah satu obat tipes alami rumahan yang efektif melawan bakteri. Punya rasa yang segar, buah delima pun dikenal dapat mencegah dehidrasi. 

7. Pisang

Selain buah delima, buah lain yang dapat menurunkan demam dan mengobati diare pada pasien tipes yakni pisang. Pisang memiliki pektin, serat larut yang membantu usus menyerap cairan, sehingga memulihkan sistem pencernaan

Kalium dalam pisang juga bisa membantu menggantikan elektrolit dalam tubuh.

Nah, demikian beberapa pilihan obat tipes alami yang bisa digunakan anak agar gejalanya cepat reda. Jangan lupa tetap konsultasi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih lengkap ya, Bunda.

(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi