sign up SIGN UP search


menyusui

Bolehkan Ibu Menyusui Minum Obat Antasida untuk Atasi Sakit Maag?

Annisa Karnesyia Minggu, 11 Jul 2021 11:35 WIB
Ibu menyusui minum obat caption
Jakarta -

Gejala maag yang kerap kambuh terkadang bisa menyebabkan Bunda enggak nyaman saat menyusui. Pada akhirnya, kondisi ini mungkin bisa mengganggu proses menyusui buah hati.

Maag dapat terjadi karena peradangan di organ pencernaan, yakni lambung. Dikutip dari Medical News Today, maag juga dapat mengakibatkan luka yang dapat menimbulkan rasa menyakitkan di lapisan perut atau usus kecil.

Gejala penyakit maag adalah gangguan pencernaan yang disebut sebagai dispepsia, Bunda. Gangguan pencernaan ini dapat menyebabkan rasa sakit atau rasa tidak nyaman di daerah perut. Meski begitu, tidak semua maag menyebabkan gangguan pencernaan ya.


Sakit maag dapat dicegah dengan menghindari makanan yang bisa pemicunya, seperti makanan pedas, berlemak, atau asam. Bila gejala sudah timbul, pengobatan medis dengan minum obat biasanya diperlukan.

Salah satu obat yang sering diresepkan dokter untuk atasi maag atau sakit lambung lainnya adalah antasida. Obat ini dijual bebas dan tersedia dalam bentuk cair atau tablet kunyah.

Antasida merupakan obat yang mengandung kombinasi kalsium, magnesium, dan garam aluminium sebagai bahan aktif. Obat ini bekerja dengan menetralkan asam di lambung dan menghambat pepsin yang berperan dalam mencerna protein.

"Beberapa antasida mengandung zat yang disebut alginat untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan," ujar pendidik keperawatan, Debra Sullivan, Ph.D.

Penggunaan antasida harus tepat. Sebab, obat ini bisa menimbulkan efek samping pada kesehatan saluran cerna.

Bunda bisa diare atau konstipasi karena kandungan kalsium dan aluminium di obat ini. Selain itu, Bunda juga bisa mengalami retensi cairan bila obat ini mengandung natrium karbonat.

Meski begitu, secara umum penggunaan antasida aman untuk sakit maag. Keamanan obat juga berlaku bagi Bunda yang menyusui. Simak penjelasan lengkap di halaman berikutnya ya.

Simak juga 3 penyebab produksi ASI menurun, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

ANTISIDA UNTUK BUNDA YANG MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi