sign up SIGN UP search


parenting

5 Jenis Obat Batuk Alami untuk Anak, Mudah Dibuat di Rumah Bun

Annisa Karnesyia Selasa, 29 Jun 2021 19:55 WIB
Anak batuk caption
Jakarta -

Batuk adalah masalah kesehatan umum yang dialami anak-anak. Bermain hujan hingga sering minum air es kerap kali dikaitkan sebagai penyebab anak batuk.

Menurut dokter anak di Children's Healthcare of Atlanta Primary Care Group di Chamblee, Renee Anushka Alli, MD, batuk biasanya merupakan tanda bahwa tubuh anak sedang mencoba untuk menghilangkan iritasi. Penyebab anak batuk cukup beragam dan tak hanya karena sering minum air es ya, Bunda.

Penyebab anak batuk

1. Infeksi

Sakit pilek hingga flu dapat menyebabkan batuk pada anak-anak. Pilek cenderung menyebabkan batuk berdahak ringan hingga sedang, sementara flu bisa menyebabkan batuk kering yang parah.


"Infeksi yang disebabkan virus tidak bisa diobati dengan antibiotik, melainkan dapat diatasi dengan obat lain," kata Alli, dikutip dari Web MD.

2. Refluks asam

Anak akan mulai batuk ketika mereka mengalami refluks asam. Biasanya batuk ini sering disertai gumoh atau muntah, mulut terasa tidak enak, hingga sensasi terbakar di dada. Perawatan pada kondisi ini tergantung pada usia anak. Pencegahannya bisa dengan menghindari makanan pemicu sakit.

3. Asma

Anak yang memiliki asma akan memiliki gejala berbeda dan sulit dideteksi. Biasanya, anak dengan asma akan mengalami batuk mengi yang memburuk di malam hari.

Batuk juga akan muncul ketika anak melakukan aktivitas fisik saat bermain. Perawatan sakit asma tergantung pada penyebabnya.

4. Alergi

Alergi atau sinusitis dapat menyebabkan batuk berkepanjangan, tenggorokan gatal, pilek, mata berair, hingga ruam. Pada kondisi ini, Bunda sebaiknya segera membawa anak ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

5. Menghirup benda asing

Batuk juga bisa terjadi ketika anak menghirup benda asing, seperti makanan atau mainan yang berukuran kecil. Selain itu, batuk juga dapat disebabkan paparan asap rokok atau polusi.

Ilustrasi anak demam dan batukIlustrasi anak batuk/ Foto: iStock

Obat batuk alami untuk anak

Selain pengobatan medis, batuk pada anak juga bisa dikelola dengan obat batuk alami. Bahan untuk membuat obat ini mudah didapatkan dan bisa dibuat sendiri di rumah, Bunda.

Melansir dari berbagai sumber, berikut 5 obat batuk alami untuk anak:

1. Bawang putih

Bawang putih adalah antioksidan yang kuat dan bersifat sebagai anti-mikroba, antioksidan, dan antibiotik. Pada kasus batuk disertai flu dan pilek, bawang putih bisa menjadi obat alami karena memberikan efek dekongestan dan ekspektoran.

Bawang putih juga mengandung vitamin C dan sejumlah enzim serta mineral yang berperan untuk mengatasi flu. Sebagai obat batuk alami, bawang putih mentah lebih ampuh dibandingkan yang dimasak.

Si Kecil mungkin akan menolak makan bawang putih mentah saat batuk. Untuk mengatasinya, Bunda bisa mencampur bawang putih yang sudah ditumbuk dengan air jahe, jeruk nipis, dan madu ya.

2. Jeruk nipis

Air jeruk nipis yang dicampur air hangat dan madu bisa diberikan ke si Kecil yang batuk ya, Bunda. Jeruk nipis mengandung senyawa seperti vitamin C, beta karoten, flavonoid, limonoid, dan asam folat.

Perasan jeruk nipis memiliki kandungan asam sitrat yang lebih banyak dibandingkan jenis jeruk lain. Kandungan ini mampu mengencerkan lendir saat batuk.

3. Jahe

Jahe telah dikenal sebagai obat alami untuk mengatasi batuk. Rempah ini mengandung senyawa yang disebut gingerol dan shogaols. Para peneliti percaya bahwa kedua senyawa inilah yang bermanfaat sebagai obat, Bunda.

"Jahe memiliki rasa pedas dan efek menghangatkan. Sifat obatnya dapat membantu untuk meringankan sakit tenggorokan atau infeksi tenggorokan," kata psikolog dan perawat, Debra Rose Wilson, Ph.D., dilansir Medical News Today.

Food and Drug Administration (FDA) mengatakan bahwa jahe aman digunakan dalam makanan dan minuman. Namun, FDA tidak mengatur tentang penggunaan suplemen jahe.

Bunda bisa mencoba menggunakan jahe sebagai obat batuk alami anak ya. Buatlah teh jahe yang direbus bersama lemon atau jeruk nipis. Konsumsi 2 sampai 3 gelas atau cangkir sehari untuk meringankan batuk.

4. Kencur

Seperti jahe, kencur juga sudah lama dikenal sebagai jamu tradisional yang bermanfaat untuk kesehatan. Rahasia utama kencur terletak pada getahnya yang kaya akan berbagai jenis senyawa khusus dan minyak atsiri.

"Kandungan senyawa di dalamnya meliputi 23 jenis yang masing-masing memberikan manfaat bagi kesehatan," kata Dr. Suharman, S.P.,M.Si., dikutip dari buku Tanaman Potensial Berkhasiat Obat.

Kencur memiliki sifat anti-bakteri yang bisa mengatasi masalah batuk, seperti batuk berdahak atau kering. Selain itu, rempah ini juga bisa mengatasi diare yang disebabkan bakteri, Bunda.

Kencur juga mengandung metanol dan senyawa di dalam getahnya, yakni monoterpena dan seskuiterpena. Kedua senyawa ini memiliki kemampuan untuk melegakan kerongkongan yang terasa kering karena batuk.

"Inilah mengapa kencur sangat baik untuk membantu mengatasi batuk, sesak nafas karena asma, membantu melegakan pernapasan, hidung tersumbat, dan meredakan efek sakit kepala berdenyut karena flu," ujar Suharman.

Untuk obat batuk anak, Bunda bisa mencampur kencur yang sudah diparut dengan air. Kemudian, tambahkan madu murni agar teras manis. Obat batuk alami ini bisa diberikan ke si Kecil 2 sampai 3 kali per hari ya.

5. Madu

Sama seperti jeruk nipis, madu juga bersifat asam. Madu memiliki konsistensi tebal dan lembab, yang bisa menyembuhkan luka.

Manfaat tersebut juga bisa mengatasi iritasi tenggorokan saat batu. Dalam studi yang diterbitkan Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine tahun 2007, orang tua lebih memilih madu daripada sirupĀ obat batuk untuk menghilangkan gejala batu pada anak mereka.

Bunda dapat mencampur madu dengan jeruk nipis, jahe, atau kencur. Selain itu, madu juga bisa dicampur air hangat untuk langsung diberikan ke si Kecil yang batuk. Bunda perlu memilih madu asli yang tidak ditambahkan pemanis buatan agar tidak memperparah kondisi buah hati.

(ank)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi