sign up SIGN UP search

parenting

10 Obat Batuk Anak Tradisional yang Ampuh dari Bahan Dapur, Sudah Coba Kencur?

Kinan   |   Haibunda Minggu, 16 Oct 2022 09:00 WIB
tea with ginger, lemon and thyme on old wooden background caption

Saat batuk Si Kecil mulai terasa mengganggu, coba intip bahan-bahan yang ada di dapur. Sebagian bumbu dapur punya khasiat jadi obat batuk anak tradisional yang ampuh, lho!

Dikutip dari Healthline, batuk menjadi salah satu keluhan yang paling umum dialami oleh anak, terutama di usia balita. Salah satunya karena sistem imun anak yang masih minim.

Bunda perlu memastikan anak tetap merasa nyaman, agar ia dapat beristirahat total dan cepat pulih. Salah satunya dengan menggunakan obat batuk anak tradisional ala rumahan.


Ya, pengobatan untuk batuk pada anak biasanya mengutamakan agar ia tetap cukup terhidrasi, rileks, dan dapat tidur nyenyak. 

Pilihan obat batuk anak tradisional yang ampuh

Lalu apa saja pilihan obat batuk anak tradisional yang ampuh dengan bahan dapur rumahan? Yuk simak ulasannya berikut ini:

1. Sup kuah ayam

Dikutip dari Parents, penelitian menunjukkan bahwa sup kuah ayam memiliki sifat anti-inflamasi. Suhunya yang hangat dapat meredakan sakit tenggorokan dan batuk.

Konsumsi sup hangat juga bisa bermanfaat sebagai alat penguap, membantu melonggarkan lendir di saluran hidung, yang dapat meringankan hidung tersumbat.

Kuah sup membantu menambah asupan cairan, sekaligus memberi tambahan protein dan karbohidrat saat Si Kecil tidak nafsu makan.

2. Air putih hangat 

Mirip seperti sup kuah, air putih hangat juga dapat menjadi obat batuk anak tradisional yang ampuh karena membantu mengencerkan lendir dan menjaga anak tetap cukup terhidrasi.

3. Madu sebagai obat batuk anak

Konsistensi madu yang pekat dapat membantu mengatasi iritasi tenggorokan saat anak batuk. Selain dapat diberikan langsung, madu juga bisa dicampurkan ke dalam air putih hangat untuk diminum Si Kecil.

Supaya manfaatnya maksimal, pilih madu asli yang tidak ditambahkan pemanis buatan ya, Bunda.

4. Jahe untuk obat batuk tradisional anak

Jahe telah lama dikenal sebagai salah satu obat batuk anak tradisional yang ampuh. Rempah ini mengandung senyawa yang disebut gingerol dan shogaols. Para peneliti percaya bahwa kedua senyawa inilah yang bermanfaat sebagai obat alami.

"Jahe memiliki rasa pedas dan efek menghangatkan. Sifat obatnya dapat membantu untuk meringankan sakit tenggorokan atau infeksi tenggorokan," kata psikolog dan perawat, Debra Rose Wilson, Ph.D., dilansir Medical News Today.

5. Larutan air garam untuk obat batuk tradisional

Jika anak sudah bisa berkumur dengan benar, Bunda bisa memberikan larutan air garam sebagai obat batuk tradisional yang ampuh. 

Larutan ini merupakan obat batuk alami karena mampu mengurangi lendir yang menempel di bagian belakang tenggorokan. 

Untuk membuatnya, aduk setengah sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat. Tunggu sampai tidak terlalu panas, baru berikan pada anak untuk berkumur. Lakukan selama beberapa kali sehari sampai kondisi batuk membaik.

Simak lanjutan informasi tentang obat batuk alami untuk anak di halaman berikut, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga cara mengatasi batuk kering anak seperti dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



OBAT BATUK TRADISIONAL YANG AMPUH LAINNYA, COBA JERUK NIPIS DAN KENCUR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!